Hari Internet Aman Sedunia, ini langkah Kominfo amankan ruang digital

  • Whatsapp
board 5017871 1280
Jakarta (RUMAHPUTIH) – Bertepatan dengan Hari Internet Aman Sedunia yang jatuh pada hari ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mempunyai sejumlah langkah untuk memastikan ruang-ruang digital aman digunakan. 

“Dari segi ekosistem, secara terus menerus 24 jam sehari selama 365 hari per tahun, Kementerian Kominfo melakukan patroli siber, melakukan pemantauan sosial media, pemantauan internet, situs-situs, untuk memastikan ruang digital kita bersih dari konten negatif dan aman bagi anak-anak,” ujar Asisten Senior Staf Khusus Menkominfo RI Bidang Digital dan SDM, Bhredipta Socarana, dalam webinar “Keluarga Tangkas Berinternet,” Selasa.

Dari segi platform, Bhredipta mengatakan bahwa saat ini platform digital telah mempunyai ketentuan batasan usia pengguna, sehingga tidak dapat secara bebas digunakan.

Lebih jauh, penggunaan internet oleh anak, yang tidak dapat dihindari dan meningkat karena harus belajar di rumah selama pandemi COVID-19, Bhredipta menekankan untuk harus didampingi oleh warga tua atau wali.

Baca juga: Ini cara aman ber-internet

Untuk mendukung warga tua dalam mendampingi putra dan putrinya saat berinternet, Kementerian Kominfo telah menyediakan sejumlah kegiatan peningkatan pengetahuan melalui kegiatan literasi digital.

“Kegiatan literasi digital ini, tidak hanya menyasar putra-putri pengguna saja, tetapi juga menyasar warga tuanya semoga apat juga mendampingi dengan baik, memberikan pemahaman bagaimana menggunakan internet dengan baik, bagaimana semoga terhindar dari konten negatif, bagaimana menggunakan internet secara kondusif dan produktif,” kata Bhredipta.

Gerakan nasional

Bhredipta mengatakan literasi digital menjadi salah satu fokus program Kementerian Kominfo pada 2021.

“Kegiatan utamanya ialah terkait Gerakan Nasional Literasi Digital yang diampu oleh Siberkreasi di mana salah satu pilarnya ialah digital parenting,” ujar dia.

Kegiatan ini membahas isu seputar pengasuhan anak di era digital, termasuk mendorong literasi digital untuk warga tua dan anak semoga menggunakan internet itu secara produktif dan kondusif.

BACA JUGA:  Jangan Khawatir, Karya Anak Bangsa Ini Dapat Digunakan Sebagai Pengganti WhatsApp

Selama 2021, Kementerian Kominfo menargetkan 9.252 kegiatan Siberkreasi kelas online digital parenting. Salah satu materi yang bakal terus menerus dibahas di dalam kegiatan Siberkreasi kelas online itu ialah smart parenting, yang bakal mencakup isu-isu terkait data pribadi dan jejak digital anak.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Kementerian Kominfo juga menyediakan bermacam macam rujukan, panduan, pedoman, literasi digital terkait digital parenting yang ada di dalam website literasidigital.id atau pandudigital.id.

“Harapannya dengan akses informasi, terkait digital parenting, kementerian Kominfo juga berkolaborasi dengan Kementerian Lembaga serta stake holder kementerian lain dalam mempromosikan bagaimana menggunakan internet yang sehat, internet yang baik, tidak hanya untuk anak-anaknya tapi juga warga tuanya,” ujar Bhredipta.

“Dan, warga tua itu tidak semata-mata menjadi seorang pengguna internet tapi juga parent yang melek soal isu-isu digital,” dia menambahkan.

Baca juga: Tiktok hadirkan panduan anti-perundungan siber

Baca juga: Menteri Rudiantara ingatkan warga tua untuk dampingi anak gunakan internet

Baca juga: Kiat aman berinternet untuk anak ala YouTuber Kimbab Family

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © RUMAHPUTIH 2021

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *