5 Kesalahan Ketika Mengisi Daya Smartphone, Wajib Dihindari!

  • Whatsapp
5 kesalahan ketika mengisi daya smartphone wajib dihindari fHDQKm5uBO

JAKARTA – Hampir sepanjang waktu kita memegang smartphone, dan hampir segala aktivitas pun menggunakan smartphone. Semakin sering menggunakan smartphone berarti semakin sering pula kita me-recharge ponsel kita.

Selain itu, semakin banyak aplikasi yang diinstal, dan semakin banyak notifikasi yang diterima maka semakin membebani baterai. Ini mungkin mau menyebabkan baterai smartphone semakin menurun seiring waktu.

Baca Juga: 6 Cara Men-Charger Ponsel yang Aman, Sudah Dilakukan Belum? 

Salah satu masalah yang kerap dilakukan pengguna ialah saat mengisi daya ponsel. Lantas, apa saja kesalahan-kesalahan yang terjadi saat mengisi daya smartphone?

1. Menunggu baterai hingga 0 persen

Mengisi daya saat kapasitas baterai 0 persen berisiko mengurangi umur baterai smartphone. Sebaiknya charge kembali daya ponsel pintar ketika baterai di bawah 30 persen dan tidak kurang dari 15 persen.

2. Charge baterai jangan sampai 100 persen

Selain jangan mengisi daya saat baterai smartphone sudah 0 persen, jangan pula men-charge smartphone hingga 100 persen. Hal ini bisa juga menjadikan masa pakai baterai terus berkurang. Cabutlah charger ketika menyentuh angka di bawah 98 persen

3. Tidak melepas casing smartphone

Saat mengisi daya, smartphone mau memunculkan suhu yang panas. Jika casing smartphone tidak dilepas, kemungkinan suhu panas tersebut mau terjebak dan menjadikan komponen internal smartphone ikut panas dan berpotensi kerusakan.

4. Menggunakan charger palsu

Meskipun mempunyai bentuk yang sama dan dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel, charger palsu sangat tidak direkomendasikan. Gunakan charger yang kompatibel dengan smartphone yang dimiliki. Hal ini berpengaruh terhadap energi yang masuk saat mengisi daya smartphone.

5. Charge smartphone hingga tidur

Kebiasaan ini yang paling sering dilakukan pemilik smartphone. Ternyata hal ini sangat tidak baik bagi siklus pengisian baterai smartphone dan hanya mau membuang tenaga listrik karena daya terus mengalir.

BACA JUGA:  Transaksi produk fesyen muslim di Tokopedia kian bertumbuh

(amr)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *