Tim WHO: Kemungkinan virus bocor dari laboratorium sangat tidak mungkin

  • Whatsapp
559327773p

ILUSTRASI. WHO yang menyelidiki asal-usul Covid-19 mengatakan, kemungkinn besar kelelawar tetap menjadi sumber virus Covid-19. REUTERS/Thomas Peter

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Read More

RUMAHPUTIH.COM – WUHAN. Kepala tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul Covid-19 mengatakan, kemungkinn besar kelelawar tetap menjadi sumber virus Covid-19. Selain itu, penularan virus melalui makanan beku ialah kemungkinan yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut. Mau tetapi, dia memutuskan untuk mengesampingkan faktor kebocoran laboratorium.

Melansir Reuters, menurut Peter Ben Embarek, yang memimpin tim ahli independen dalam kunjungannya selama hampir sebulan ke kota Wuhan di China,  kerja tim WHO telah mengungkap informasi baru tetapi tidak secara dramatis mengubah gambaran mereka tentang wabah itu.

“Jalur yang mungkin dari spesies hewan asli apapun sampai ke pasar Huanan bisa juga mengambil jalur yang sangat panjang dan berbelit-belit yang melibatkan juga pergerakan lintas batas,” kata Embarek dalam jumpa pers selama hampir tiga jam.

Embarek mengatakan pekerjaan untuk mengidentifikasi asal-usul virus corona menunjuk ke reservoir alamiah kelelawar, tetapi kecil kemungkinannya mereka berada di Wuhan.

Baca Juga: Tim WHO gagal mengidentifikasi asal-usul virus corona di Wuhan

Penyelidik juga mencari sampel darah China yang dapat memperlihatkan bahwa virus itu beredar lebih awal dari yang diperkirakan, katanya.

“Dalam upaya memahami gambaran Desember 2019, kami melakukan pencarian yang sangat detail dan mendalam untuk kasus-kasus lain yang mungkin terlewat, kasus-kasus sebelumnya pada 2019,” jelasnya seperti dilansir Reuters.

Dia menambahkan, “Dan kesimpulannya ialah kami tidak menemukan bukti wabah besar yang mungkin terkait dengan kasus Covid-19 sebelum Desember 2019 di Wuhan atau di tempat lain.”

BACA JUGA:  Lucid Motors segera go public melalui Klein SPAC

Baca Juga: Kabar gembira, WHO sebut kasus baru virus corona global dalam tren menurun




Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *