Percepat penyelesaian dispute, Menkes targetkan pencairan klaim RS selesai April 2021

  • Whatsapp
2029239596p

ILUSTRASI. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Herlina Kartika Dewi

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan pencairan klaim rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 dapat selesai pada April 2021.

Menurut Budi, hingga saat ini terdapat klaim rumah sakit yang belum diselesaikan lantaran terjadinya dispute.

Dia mengatakan pihaknya sudah menerbitkan Surat Keputusan (SK) terkait pembentukan tim penyelesaian dispute, di mana diharapkan hal ini dapat mempercepat penyelesaian dispute pembayaran klaim rumah sakit.

“SK-nya itu HK.01.07/menkes/391/2020 saya minta nanti dikoordinasikan dengan Pak  Wamen semoga klaim dapat diselesaikan paling lambat di bulan April,” ujar Budi dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR, Selasa (9/2).

Budi menjelaskan, dispute yang terjadi tersebut sebagian besar diakibatkan karena berkas pengajuan tidak lengkap dan tidak sesuai dengan kriteria penjaminan.

Baca Juga: Mau geber tracing dan testing, Menkes: Jangan panik kalau kasus Covid-19 melonjak

“Kami takutnya kalau nanti tetap dibayarkan bakal masalah dari sisi BPK dan BPKP-nya. Kami tahu bahwa ini tidak dapat ditunda terus, setidaknya harus ada keputusan apakah ini dibayar atau tidak,” ujarnya.

Meski begitu, dia juga menyebutkan dari klaim yang masuk sudah ada sektiar Rp 3 triliun yang sudah siap untuk dibayar ke rumah sakit.

Lebih lanjut,  dia juga menyebut bahwa Kemenkes sudah merevisi Permenkes nomor 446 tahun 2020 tenang Petunjuk Teknis Klaim Penggantian Biaya Pelayanan Pasien Penyakit Infeksi Emerging Tertentu Bagi Rumah Sakit yang menyelenggarakan Pelayanan Covid-19.

BACA JUGA:  Kian panas! China: AS sangat merusak kerjasama internasional dalam pandemi corona

“Kami juga sudah merevisi Permenkes 446 tahun 2020 tentang juknis klaim, karena kami lihat juga dalam prosesnya memang banyak prosedur-prosedur juga form-form yang perlu didetailkan lebih rinci sebagai feedback yang sudah kita ketahui dari rumah sakit,” ujarnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *