Korea Selatan setujui vaksin Covid-19 dari AstraZeneca untuk semua warga dewasa

  • Whatsapp
736371625p

ILUSTRASI. Vaksin Covid-19 milik AstraZeneca

Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: Anna Suci Perwitasari

Read More

RUMAHPUTIH.COM – SEOUL. Badan keamanan obat Korea Selatan akhirnya menyetujui vaksin untuk virus corona milik AstraZeneca untuk semua warga dewasa, termasuk bagi penduduk yang berusia 65 ke atas. Izin itu keluar di tengah kontroversi kemanjuran dari vaksin AstraZeneca belakangan ini.

Rabu (10/2), Kementerian Keamanan Pangan dan Obat Korea Selatan telah memberikan lampu hijau penggunaan vaksin yang dikembangkan oleh raksasa farmasi asal Inggris-Swedia dan Universitas Oxford setelah pertemuan tinjauan akhir.

Kementerian juga menyetujui dua rejimen dosis penuh AstraZeneca dengan syarat perusahaan farmasi tersebut menyerahkan data lebih lanjut tentang uji klinis fase tiga saat ini pada warga dewasa berusia di atas 18 tahun.

Akan tetapi, kementerian memperingatkan mudah-mudahan tidak menginokulasi warga berusia 65 atau lebih dengan vaksin tersebut untuk saat ini. Itu dilakukan setelah panel tinjauan terpisah mengatakan sebelumnya bahwa tidak ada cukup data tentang kemanjuran-nya untuk kelompok usia tersebut.

Baca Juga: Tingkat pengangguran Korea Selatan melonjak ke level tertinggi dalam dua dekade

Kontroversi muncul secara global tentang penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca untuk manula karena tidak ada cukup data untuk mendukung kemanjuran-nya pada warga tua. 

Minggu terus, komite ahli Badan Obat Eropa dengan suara bulat merekomendasikan vaksin untuk digunakan bagi warga berusia 18 tahun ke atas.

Akan tetapi, beberapa negara Eropa, termasuk Jerman dan Prancis, telah mengumumkan bahwa mereka bakal membatasi vaksin untuk warga yang lebih muda dan memperingatkan mudah-mudahan tidak digunakan untuk warga tua, dengan alasan data yang tidak mencukupi tentang kemanjuran-nya.

BACA JUGA:  Kabar baik, kasus virus corona global terus turun selama lima minggu berturut

AstraZeneca bakal mulai mengirimkan batch pertama vaksin Covid-19 ke Korea Selatan secara bertahap mulai 24 Februari selama beberapa hari berikutnya.

 

 




Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *