Langka Chip Semikonduktor, Begini Situasi Pabrik General Motors dan Ford

  • Whatsapp
55483 ford pabrik

RUMAHPUTIH.COM – Meski bentuknya kecil, kelangkaan chip semikonduktor berhasil merepotkan para produsen mobil secara global. Kekurangan terjadi, karena di saat bersamaan, komponen ini dibutuhkan perusahaan otomotif sampai gadget–pasalnya lockdown masa pandemi menjadikan banyak hal mesti dilakukan di rumah, termasuk tambahan kebutuhan laptop hingga game. Di sisi lain, daya beli atas mobil juga tinggi, sehingga kebutuhan pasokan benda ini semakin besar. Jadi tak heran bila raksasa Amerika Serikat seperti Ford Motor Company dan General Motors pun terpaksa menangguhkan produksinya.

Dikutip dari kantor berita Antara, kekurangan chip telah mempengaruhi banyak produsen mobil, termasuk Toyota, Volkswagen, Stellantis, Renault, Subaru, Nissan, Honda dan Mazda.

Read More

General Motors, sebagai salah satu dari carmaker terkemuka Negeri Paman Sam memperpanjang waktu pengurangan produksi di tiga pabrik yang berlokasi di Amerika Utara setidaknya sampai paruh Maret karena kekurangan chip semikonduktor.

Lantas untuk menjaga produksi tetap berjalan, General Motors memilih menjadikan kendaraan yang mempunyai laba tertinggi, yaitu pickup yang menjadi favorit konsumen Amerika Serikat, serta jenis-jenis Sport Utility Vehicle atau SUV.

Baca Juga:
Minim Pasokan Komponen, Produksi Tiga Pabrik General Motors Dihentikan

Pabrik GMC Sierra dan GM Silverado di Fort Wayne, Indiana, Juli 2018 [Shutterstock].
Pabrik General Motors yang memproduksi pickup . Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

“Pasokan semikonduktor tetap menjadi masalah yang dihadapi seluruh industri. Rencana GM ialah memanfaatkan setiap semikonduktor yang tersedia untuk membangun dan mengirimkan produk kami yang paling populer dan ada juga di dalam daftar permintaan,” papar David Barnas, juru bicara General Motors.

Adapun pabrik yang diperpanjang penghentian operasionalnya ialah pabrik General Motors di Fairfax, Kansas, Amerika Serikat. Terus Ingersoll, Ontario, Kanada, serta San Luis Potosi di Meksiko.

BACA JUGA:  Cuaca Ekstrem, Sejumlah Pabrikan Hentikan Proses produksi

Sedangkan produksi yang apat juga dilangsungkan tetapi belum dilengkapi chip semikonduktor ialah produk-produk kendaraan perakitan akhir di Wentzville, Missouri, Amerika Serikat dan Ramos Arizpe, di Meksiko.

Dan mobil-mobil General Motors yang terdampak ialah karena pabrik dalam kondisi idle ialah SUV Cadillac XT4, SUV GMC Terrain, sedan Chevrolet Malibu, serta Chevy Equinox. Sedangkan produk yang belum lengkap ialah SUV Chevy Blazer, Chevy Colorado, dan pickup GMC Canyon.

Senada ialah Ford Motor Company. Hau Thai-Tang, Chief product platform officer Ford dalam konferensi pers pada Selasa (9/2/2021) menyatakan kemungkinan Ford harus memarkir kendaraan yang belum dilengkapi chip.

Baca Juga:
Cegah Corona Kian Meluas, Ford Kembangkan Filter Udara dan Masker Unik

Pernyataan ini diperkuat Kelli Felker, juru bicara Ford yang menyatakan perusahaan melakukan penghentian produksi “dalam kasus tertentu,” tetapi tidak mengatakan kendaraan apa yang terpengaruh, konsekuensi langka semikonduktor.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *