Penggunaan lahan usaha perkebunan kelapa sawit dibatasi maksimal 100.000 ha

  • Whatsapp
2110242030p

ILUSTRASI. Suasana perkebunan kelapa sawit

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Handoyo .

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Pemerintah telah mengeluarkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja Pada Sektor Pertanian di portal resmi Undang-Undang Cipta Kerja.

Dalam RPP tersebut diatur batasan luas maksimum dan minimum penggunaan lahan untuk usaha perkebunan. Batasan luas maksimum dan minimum tersebut diterapkan terhadap komoditas perkebunan strategis tertentu.

Salah satu batasan luas maksimum yang ditetapkan dan wajib dipenuhi oleh perusahaan perkebunan ialah kelapa sawit. Adapun, batasan luas maksimum untuk komoditas ini sebesar 100.000 ha. “Batasan luas maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat 1 berlaku untuk satu perusahaan perkebunan secara nasional,” demikian tertera dalam pasal 3 ayat 2 di bab Subsektor Perkebunan.

Baca Juga: Strategi BKPM mendorong investasi ke luar Jawa, potensi apat juga mencapai Rp 472 triliun

Tak hanya batasan luas maksimum, RPP  ini juga mengatur tentang batasan luas minimum. Khusus untuk kelapa sawit, batasan luas minimum yang wajib dipenuhi oleh perusahaan perkebunan seluas 6.000 ha.

Penerapan batasan luas minimum tersebut pun didasarkan pada skala ekonomis usaha perkebunan. Batasan luas minimum tersebut pun harus dipenuhi dari lahan milik perusahaan perkebunan.

Adapun, perusahaan perkebunan yang melanggar ketentuan mengenai batasan luas maksimal dan minimum ini mau dikenakan sanksi administratif yang berupa peringatan tertulis, denda dan/atau pencabutan perizinan berusaha perkebunan.

Adapun, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Sawit Indonesia (Gapki) Joko Supriyono tak mempersoalkan tentang aturan ini, khususnya berkaitan dengan batasan luas maksimal penggunaan lahan kelapa sawit. Menurutnya, batasan tersebut masih baik. “Saya pikir batasan tersebut masih oke, sepanjang diterapkan untuk setiap PT/legal entity. Dan yang penting, peraturan tidak berlaku surut,” katanya.

BACA JUGA:  Presiden Prancis: Dunia butuh vaksin China dan Rusia mudah-mudahan menang lawan Covid-19!

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda mau menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang apat juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *