Italia Uji Coba Proyek Jalan Cerdas, Gunakan Teknologi AI

  • Whatsapp
44192 kota sisilia italia

RUMAHPUTIH.COM – Pengelola jalan raya nasional Italia, Anas, bekerja sama dengan Tecnositaf mengembangkan proyek “jalan cerdas” dengan bantuan Artificial Intelligence atau AI. Disebut juga sebagai kecerdasan buatan. Lokasinya berada di Cortina, Italia.

Kedua perusahaan mengembangkan jalan sejauh 80 km dilengkapi kamera dan sensor yang menjadikan setiap kendaraan yang melintas dapat saling terhubung secara on board.

Read More

Mereka bakal mendapat informasi terkait pantauan arus terus lintas, informasi kecelakaan, juga kemacetan secara real time. Pihak pengelola juga menyebutkan layanan darurat dapat ikirim lebih cepat ketika terjadi insiden.

“Proyek ini mempunyai relevansi internasional,” ujar Giuseppe Celia Magno, CEO Tecnositaf kepada surat kabar Italia La Stampa, dikutip dari RideApart.

Baca Juga:
Catat! Gunakan Klakson di Jalan Raya, Ada Etikanya

Radar mobil. (visordown.com)
Radar mobil. Sebagai ilustrasi [visordown.com].

Ia menambahkan, jalan cerdas dan kota pintar ialah bagian dari proses digitalisasi dan revolusi mobilitas. Sedangkan jalan cerdas bakal menjadi teknologi yang memungkinkan untuk menuntun kendaraan mengemudi secara otonom.

“Hari ini kami bergerak menuju 5G, tetapi protokol untuk standar masa depan masih ditentukan. Pengalaman di Cortina ialah semacam “demo” yang memungkinkan kami melihat bagaimana jalan di masa depan bakal bekerja,” pungkasnya.

Dengan semakin kendaraan cerdas yang sedang dikembangkan para pembuat mobil semakin banyak. Jalan pintar ini diharap dapat menjadi salah satu cara di masa depan untuk menghubungkan semuanya mulai dari jalan sampai kendaraan yang melintas.

BACA JUGA:  Mulai 2030, Volvo Hanya Mau Produksi Mobil Listrik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *