Filipina bakal tugaskan angkatan laut untuk kawal nelayan di Laut China Selatan

  • Whatsapp
194502531p

ILUSTRASI. BRP Sierra Madre, kapal Angkatan Laut Filipina yang rusak sejak 1999 dan menjadi detasemen militer Filipina di Second Thomas Shoal yang disengketakan, bagian dari Kepulauan Spratly.

Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Read More

RUMAHPUTIH.COM – MANILA. Kepala militer Filipina pada hari Selasa (9/2) menyampaikan bahwa Filipina bakal meningkatkan kehadiran angkatan lautnya di Laut China Selatan untuk melindungi para nelayannya.

Langkah ini diambil sebagai respons atas undang-undang baru China yang mengizinkan pasukan penjaga pantainya untuk menembaki kapal asing di perairan yang dianggap sebagai wilayahnya.

“Kami bakal meningkatkan visibilitas kami melalui penyebaran lebih banyak aset angkatan laut, tetapi saya hanya ingin menjelaskan bahwa kehadiran angkatan laut kami tidak untuk berperang melawan China, melainkan untuk menjaga keamanan warga kami,” ungkap Letnan Jenderal Cirilito Sobejana dalam briefing media seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: USS Gerald R. Ford, kapal induk terbaru AS seharga Rp 180 triliun siap bertugas

Sobejana menilai bahwa keputusan China yang mengizinkan kapal penjaga pantainya untuk menembaki kapal asing sangat mengkhawatirkan dan apat juga mengusik kedamaian kawasan.

“Itu merupakan keputusan yang sangat tidak bertanggung jawab karena warga kami tidak datang ke kawasan tersebut untuk berperang, melainkan untuk mencari nafkah,” lanjut sang jenderal.

Perairan Laut China Selatan saat ini mungkin telah menjadi perairan paling “panas” di dunia. China yang mengklaim sekitar 90% wilayah tersebut membikin banyak negara di sekitarnya geram, termasuk Filipina.

Angkatan Laut China seringkali mengirimkan armada penjaga pantainya ke seluruh jalur air yang penting secara strategis. 

BACA JUGA:  Hari terkelam sejak kudeta, 18 pengunjuk rasa tewas di Myanmar

Baca Juga: Dekati Paracel di Laut China Selatan, militer China beri peringatan kapal perang AS




Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *