Empat Langkah Penting Usai Motor Terendam Banjir, Bikers Wajib Tahu

  • Whatsapp
12224 ilustrasi motor kena banjir

RUMAHPUTIH.COM – Curah hujan tinggi yang terjadi akhir-akhir ini kerap kali menjadi pemicu terjadinya banjir di beberapa daerah di Tanah Air.

Imbasnya pun beragam, salah satunya merupakan risiko motor terendam air. Jika motor anda sempat kena banjir, ada hal yang wajib dilakukan sebagai langkah pencegahan kerusakan.

Read More

Apa saja langkahnya? Simak 4 saran penanganan motor pasca banjir, berikut ini.

Warga mendorong sepeda motornya yang mogok akibat menembus jalur Pantura Jalan Raya Kaligawe - Genuk yang terendam banjir di Genuk, Semarang, Jawa Tengah, Senin (8/2/2021). [ANTARA FOTO/Aji Styawan]
Warga mendorong sepeda motornya yang mogok dampak menembus jalur Pantura Jalan Raya Kaligawe – Genuk yang terendam banjir di Genuk, Semarang, Jawa Tengah, Senin (8/2/2021). [ANTARA FOTO/Aji Styawan]

1. Kuras Oli Motor

Baca Juga:
Best 5 Oto: Say Goodbye to Isuzu Panther, Olla Rahman Motoran Cantik

Motor yang terendam banjir wajib menjalani ‘ritual’ kuras oli pada mesin hingga bersih. Adanya air di ruang pembakaran apat juga menjadikan mogok, bahkan rusak parah, khsusunya di area sekitar piston.

2. Bersihkan Karburator

Bagian karburator atau injektor juga cukup rawan. Adanya air di bagian ini tentu apat juga membikin motor tak apat juga berfungsi.

Walaupun injektor memang dirancang sulit kemasukan air, akan tetapi jika anda berada di bengkel, pastikan teknisi juga memeriksa bagian ini.

3. Bersihkan Rangka dan Mesin Motor

Baca Juga:
Saran Rawat Pelek Semoga Tetap Kinclong, Ikuti 3 Langkah Sederhana Ini

Bersihkan rangka dan mesin motor, karena air banjir sangat rentan membikin banyak bagian motor menjadi berkarat. Kalau keropos kan bahaya! Pastikan bersihkan minimal dengan air bersih.

BACA JUGA:  Diskon PPnBM dan Relaksasi Kredit OJK Diharapkan Dorong Minat Beli Mobil

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *