Neraca pembayaran Indonesia tahun 2020 diprediksi surplus, ini sebabnya

  • Whatsapp
254909397p

ILUSTRASI. Ekonom BCA memprediksi Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) tahun 2020 bakal surplus.

Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Kepala ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual melihat, Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) bakal mencetak surplus di sepanjang tahun 2020, setelah pada tahun 2019 NPI juga surplus US$ 4,7 miliar.

“Kinerja NPI kita pada tahun terus terbantu dari surplus neraca perdagangan,” kata David kepada Kontan.co.id, Kamis (11/2).

Seperti yang kita tahu, neraca dagang di sepanjang tahun 2020 mengalami surplus US$ 21,74 miliar, didorong oleh nilai ekspor yang lebih besar daripada nilai impor. Nilai ekspor tercatat US$ 163,31 miliar dan nilai impor sebesar US$ 141,5 miliar.

Baca Juga: BI perkirakan neraca pembayaran tahun 2020 bakal surplus, ini penopangnya

Kemudian, defisit neraca transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) diperkirakan bakal berada di kisaran 0,5% hingga 1% dari produk domestik bruto (PDB).

Tetapi, meski CAD menipis, tetapi dari sisi investasi portofolio belum kembali semua ke pasar keuangan domestik. Apalagi, setelah asing sempat hengkang dari investasi portofolio pada kuartal II-2020 terus.

Ke depan, David melihat, investasi portofolio bakal kembali masuk ke pasar keuangan domestik di tahun 2021. Terutama dari sisi saham.

Kemudian, pada tahun 2021, David memprediksi, CAD di keseluruhan tahun ini bakal berada di kisaran 1% hingga 1,15% PDB. Ini seiring dengan semakin pulihnya ekonomi konsekuensi program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dan proses vaksinasi yang sudah dilakukan oleh pemerintah.

BACA JUGA:  Kemenkes imbau perusahaan perhatikan kesehatan karyawannya sebelum divaksin

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *