Pemerintah bebaskan PPnBM kendaraan bermotor, berikut daftar tarifnya

  • Whatsapp
828547155p

ILUSTRASI. Sejumlah pengunjung melihat-lihat mobil di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019).

Reporter: SS. Kurniawan, Yusuf Imam Santoso | Editor: S.S. Kurniawan

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Pemerintah bakal membebaskan pajak penjualan atas barang mewah alias PPnBM untuk kendaraan bermotor mulai Maret 2021. Tujuannya, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui industri otomotif yang terdampak pandemi Covid-19 paling besar.  

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemberian insentif tersebut selama sembilan bulan yang berlangsung dalam tiga tahap. Setiap tahap berlaku tiga bulan. 

Pemerintah bakal membebaskan PPnBM pada tahap pertama, Maret-Mei. Kemudian, tahap kedua, Juni-Agustus, pemberian diskon PPnBM sebesar 50%. Terus, diskon PPnBM 25% pada tahap ketiga, September-November.  

“Besaran insentif ini bakal dilakukan evaluasi setiap 3 bulan. Instrumen kebijakan bakal menggunakan PPnBM DTP (ditanggung pemerintah) melalui revisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK), yang ditargetkan bakal mulai diberlakukan pada 1 Maret 2021,” kata Airlangga dalam keterangan resmi, Kamis (11/2).

Baca Juga: Pemerintah bakal bebaskan PPnBM kendaraan bermotor per Maret 2021

Terus, berapa tarif PPnBM untuk kendaraan bermotor?

Tarifnya tertuang dalam PMK Nomor 33/PMK.010/2017 tentang Jenis Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah dan Tata Cara Pemberian Pembebasan dari Pengenaan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.

Mengacu beleid yang berlaku mulai 1 Maret 2017, tarif PPnBM untuk kendaraan bermotor mulai 10% hingga 125%. Berikut daftar lengkapnya, menurut PMK Nomor 33/PMK.010/2017:

Tarif PPnBM 10%

  • Kendaraan bermotor untuk pengangkutan 10 sampai 15 warga termasuk pengemudi, dengan motor bakar cetus api atau nyala api kompresi (diesel/semi diesel), baik dilengkapi dengan motor listrik maupun tidak, dengan semua kapasitas isi silinder. 
  • Kendaraan bermotor untuk pengangkutan warga kurang dari 10 warga termasuk pengemudi selain sedan atau station wagon, dengan motor bakar cetus api, baik dilengkapi dengan motor listrik maupun tidak, dengan sistem satu gardan penggerak (4×2), dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 1500 cc. 
  • Kendaraan bermotor untuk pengangkutan warga kurang dari 10 warga termasuk pengemudi selain sedan atau station wagon, dengan motor bakar nyala kompresi (diesel/semi diesel), baik dilengkapi dengan motor listrik maupun tidak, dengan sistem satu gardan penggerak (4×2), dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 1500 cc. 
BACA JUGA:  UPDATE Corona Indonesia, Rabu (17/2): Tambah 9.687 kasus baru, pakai selalu masker

Baca Juga: Ini alasan pemerintah berikan diskon PPnBM kendaraan bermotor

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang apat juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *