Arab Saudi meminta bantuan PBB terkait rangkaian serangan milisi Houthi

  • Whatsapp
1330103148p

ILUSTRASI. Bendera Saudi berkibar di atas konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki 20 Oktober 2018. REUTERS / Huseyin Aldemir

Sumber: Arab News | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Read More

RUMAHPUTIH.COM – NEW YORK. Arab Saudi secara langsung meminta Dewan Keamanan PBB untuk bertanggung jawab atas serangan milisi Houthi yang didukung Iran ke negaranya beberapa waktu terus.

Dilansir dari Arab News, Abdallah Al-Mouallimi, perwakilan tetap Saudi untuk PBB meminta anggota Dewan Keamanan PBB untuk mengutuk keras tindakan terorisme oleh Houthi.

Melalui permohonan tertulisnya, Arab Saudi mengingatkan Dewan Keamanan PBB untuk menghentikan ancaman Houthi terhadap perdamaian dan keamanan internasional yang dilakukan melalui serangkaian aksi kekerasan.

Surat ditujukan langsung kepada Barbara Woodward, perwakilan tetap PBB dari Inggris, yang memegang jabatan presiden Dewan Keamanan bulan ini. Setelah itu bakal teruskan ke Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Secara khusus Al-Mouallimi meminta Woodward untuk mengedarkan surat itu sebagai dokumen resmi Dewan Keamanan.

Baca Juga: AS & Arab Saudi gelar latihan militer gabungan, fokus untuk memerangi drone musuh

Surat tersebut juga menyoroti serangan berkelanjutan terhadap Saudi yang diluncurkan oleh milisi dari Yaman. Serangan tersebut secara langsung dianggap telah melanggar hukum internasional dan resolusi Dewan Keamanan.

“Tindakan terorisme yang menargetkan infastruktur sipil dan mengancam pelancong sipil yang tidak bersalah ialah kejahatan perang yang keji. Milisi Houthi harus bertanggung jawab sesuai dengan hukum humaniter internasional,” tulis Al-Mouallimi dalam suratnya, seperti dikutip dari Arab News.

Lebih lanjut, ia menambahakn bahwa tindakan tersebut dapat menggagalkan upaya PBB untuk mencapai solusi politik yang komprehensif di Yaman. Sebaliknya, malahan dapat mengacaukan keamanan regional dan perdamaian internasional.

BACA JUGA:  Pemilik mobil berkaca gelap di Korut bakal kena denda atau penjara, mengapa?

Houthi serang Bandara Abha di Arab Saudi

Koalisi militer pimpinan Arab Saudi mengatakan, kelompok Houthi melancarkan serangan di Bandara Abha di Arab Saudi Selatan, yang menyebabkan kebakaran sebuah pesawat sipil.

Baca Juga: Dua hari berturut, koalisi cegat serangan drone Houthi ke Arab Saudi




Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *