Kominfo-ITU bahas kolaborasi pengembangan TIK

  • Whatsapp
kominfo sekjen mira tayyiba 1AYH 1
Jakarta (RUMAHPUTIH) – Kementerian Komunikasi dan Informatika secara virtual bertemu dengan International Telecommunication Union (ITU) untuk membahas kolaborasi dalam pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia, Kamis (11/2).

“ITU telah meminta Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk mengembangkan Cetak Biru Desa Cerdas. Poin tindak lanjutnya merupakan pembahasan rincian spesifik tentang inisiatif dan di mana Kominfo dapat berkontribusi,” kata Sekretaris Jenderal Kominfo, Mira Tayyiba, dalam siaran pers, dikutip Jumat.

Indonesia pernah mendapat pendampingan dari ITU, badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk bidang telekomunikasi, pada 2019-2019 untuk pengembangan sistem radio untuk nelayan, peningkatan indeks pengembangan TIK dan pengembangan internet of things (IoT).

Baca juga: Menkominfo: tetap jalankan protokol kesehatan

Kerja sama dengan ITU tahun ini untuk kegiatan peningkatan kapasitas (capacity building).

Kolaborasi peningkatan kapasitas mau mencakup identifikasi, berbagi pengalaman dan studi kasus peran pemerintah dalam percepatan ekonomi digital di kawasan Asia Pasifik. Kegiatan ini, menurut Mira, juga mau melibatkan sektor swasta dan masyarakat sipil.

Kominfo juga membahas kemitraan mendalam bersama dengan ITU, mengenai Pusat Inisiatif Transformasi Digital yang juga bermitra dengan Cisco untuk pengembangan kapasitas keterampilan digital berfokus pada BPPTIK Cikarang, dan proyek percontohan Big Data ITU, bekerja sama dengan BPS dan operator telekomunikasi.

Rapat tersebut juga membahas persiapan teknis untuk pertemuan The ITU World Telecommunication Development Conference 2021 (WTDC-21) yang mau diadakan di Addis Ababa, Ethiopia pada 8-9 November 2021, termasuk soal substansi pembahasan dan Deklarasi WDTC.

Kominfo menyambut baik undangan ITU-WTDC 2021 dan menyatakan kesediaan berpartisipasi dalam konferensi tahunan yang mau membahas inovasi dan model kolaborasi untuk solusi konektivitas digital guna mencapai target SDG’s.

BACA JUGA:  HUT Ke-1, Hary Tanoesoedibjo: Bawa Vision+ menjadi OTT Nomor 1 dan Terdepan di Indonesia

Kominfo menyatakan kesediaan untuk mendukung kegiatan tersebut dengan menyediakan data yang relevan yang berkaitan dengan acara tersebut.

Baca juga: Kominfo berkomitmen kurangi kesenjangan digital

Baca juga: Indonesia tekankan keamanan data lintas batas di DETF G20

Baca juga: Sektor TIK tumbuh dua digit pada 2020

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © RUMAHPUTIH 2021

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *