Sempat buat Rusia panas, 2 kapal perusak Amerika tinggalkan Laut Hitam

  • Whatsapp
407008599p

ILUSTRASI. Sebuah pesawat pengintai patroli maritim P-8A Poseidon Angkatan Laut AS terbang di atas kapal perusak USS Donald Cook di Laut Hitam, 9 Februari 2021. Foto oleh Spesialis Komunikasi Massa Kelas 3 Will Hardy. Dok: Armada Ke-6 Angkatan Laut AS

Sumber: TASS | Editor: S.S. Kurniawan

Read More

RUMAHPUTIH.COM – KIEV. Kapal perusak berpeluru kendali Amerika Serikat (AS) USS Porter dan USS Donald Cook telah meninggalkan Laut Hitam, setelah melakukan operasi bersama dengan dengan sekutu dan mitra NATO di wilayah itu.

“USS Porter dan USS Donald Cook meninggalkan Laut Hitam setelah 17 hari operasi bersama dengan sekutu dan mitra NATO,” kata , Kedutaan Besar AS untuk Ukraina di akun Twitter-nya, Rabu (10/2), seperti dikutip TASS.

Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia (NDCC) melaporkan pada 23 Januari terus, Armada Laut Hitam sedang melacak kapal perusak berpeluru kendali Angkatan Laut AS USS Donald Cook yang telah memasuki Laut Hitam. 

Saat kapal perang AS berlayar ke Laut Hitam, sistem rudal anti-kapal pertahanan pantai Bastion Rusia melakukan pemindahan posisi ke daerah di Krimea sebagai bagian dari latihan, menurut NDCC.

Baca Juga: Rusia: Kami minta AS setop pertunjukan kekuatan militer yang sembrono di Laut Hitam!

Kapal Fregat Admiral Makarov

Kedutaan Besar AS untuk Ukraina menyebutkan, pada 28 Januari kapal perusak berpeluru kendali USS Porter sedang transit di selat untuk memasuki Laut Hitam guna mengikuti latihan dengan sekutu dan mitra NATO. 

BACA JUGA:  Terapkan PPKM mikro, Jokowi tiru India dalam tangani Covid-19

Kapal tanker pengisian armada kelas Henry J. Kaiser USNS Laramie ikut bergabung dengan USS Donald Cook dan USS Porter di Laut Hitam.

Kemudian, Kapal fregat Admiral Makarov pun melakukan latihan yang kompleks di Laut Hitam, menyusul dua kapal perusak berpeluru kendali AS USS Porter dan USS Donald Cook memasuki perairan itu.

NATO memperkuat kehadiran di Laut Hitam

Melansir TASS, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan pada konferensi pers di Brussel pada 9 Februari, Laut Hitam mempunyai kepentingan strategis bagi semua anggota dan mitra NATO untuk meningkatkan kehadirannya di kawasan itu. 

Baca Juga: Respons 2 kapal perusak AS di Laut Hitam, kapal fregat Rusia gelar latihan perang




Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *