Jangan Khawatir, Karya Anak Bangsa Ini Dapat Digunakan Sebagai Pengganti WhatsApp

  • Whatsapp
jangan khawatir karya anak bangsa ini bisa digunakan sebagai pengganti whatsapp YD9mnTHr0Y

JAKARTA – Aplikasi WhatsApp memang banyak dibutuhkan hampir setiap warga. Baik itu untuk kebutuhan pribadi, maupun pekerjaan dan bisnis.

Alih-alih khawatir tidak bakal dapat menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mencoba aplikasi lain yang hampir mirip dengan WhatsApp. Yakni Callind dan NU Mobile.

Kedua aplikasi tersebut merupakan karya anak bangsa yang tak kalah canggihnya dengan WhatsApp. Fitur-fitur yang tersedia juga cukup lengkap.

Berikut pemaparannya:

1. Callind (Calling Indonesia)

Callind merupakan aplikasi pesan yang dibuat oleh Novi Wahyuningsih, yang mempunyai sejumlah fitur yang cukup lengkap seperti mengirim pesan, menelepon, video call dan berbagi file.

Tak hanya itu, di aplikasi ini juga tersedia fitur untuk memasang iklan dan layanan jual beli produk. Artinya, aplikasi ini juga cocok digunakan bagi bisnisman. Calling Indonesia dirilis pada Mei 2016 dan sudah tersedia di Google Play Store dan mengaktifkannya juga sangat mudah, hampir sama dengan Whats App.

(Baca juga: Turki: Kantor Media Erdogan Berhenti dari WhatsApp karena Perubahan Privasi)

Langkah-langkah mengaktifkan Callind:

• Download dan Install aplikasi Callind.

• Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi Callind dan masukan nomor ponsel pada kolom yang tersedia. Klik Okay dan lanjutkan sampan operator bakal mengirimkan nomor PIN.

• Masukan PIN yang telah dikirim pada nomor ponsel dan tekan Lanjutkan.

• Masukan nama pengguna terus tekan tombol Bergabung.

(Baca juga: Apa yang Lebih Penting, Akses ke WhatsApp atau Privasi?) 

2. NU Mobile

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan aplikasi pesan yang dibuat Nahdlatul Ulama (NU) pada November 2017. NU Mobile diklaim sudah diunduh lebih dari 100 ribu pen-download. Aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store ini sudah tersemat dengan fitur telekomunikasi.

BACA JUGA:  Kominfo putus 2.859 konten ilegal sepanjang  tahun 2020

Menariknya, NU Mobile juga dilengkapi dengan digital identity yang meningkatkan keamanan bagi para penggunannya. Cara mengaktifasinya juga sangat mudah, hampir sama dengan Callind dan WhatsApp. Pengguna cukup menggunakan nomor provider yang aktif.

(sst)

(amr)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *