Libur panjang akhir pekan, ini panduan staycation aman dan sesuai kantong

  • Whatsapp
pexels artem beliaikin 1230665
Jakarta (RUMAHPUTIH) – Hari Raya Imlek yang jatuh pada 12 Februari 2020 menjadi liburan panjang akhir pekan, momen yang umumnya dimanfaatkan untuk liburan singkat.

Di saat pandemi seperti saat ini, sebagian masyarakat lebih memilih melepaskan penat dengan cara yang aman, yaitu staycation.

Tidak heran, menikmati liburan dengan mode staycation pun belakangan semakin populer. Jika ingin mencoba staycation, enam kiat di bawah ini dapat membantu untuk memastikan semoga Anda tetap aman, terlindungi dan pas di kantong, dikutip dari siaran resmi PegiPegi.

Baca juga: Sambut 2021, menginap di dekat rumah jadi pilihan

Baca juga: Pandemi tak surutkan niat staycation sambut tahun baru di hotel

Cek biaya yang mau dikeluarkan

Di masa yang menantang ini Anda perlu lebih bijaksana dalam mengeluarkan uang semoga tidak terlalu boros sehingga tetap dapat menikmati staycation tanpa kantong bolong. Pastikan keuangan seperti tabungan dan dana cadangan aman, minimal hingga 3 bulan ke depan. Jangan sampai memaksakan pengeluaran yang besar di masa seperti sekarang. Carilah hotel yang sesuai dengan kemampuan Anda. Banyak hotel budget yang mempunyai fasilitas kece yang tidak kalah dengan hotel berbintang lainnya.

Sesuaikan dengan tipe traveling

Cek kembali apakah Anda mau menikmati staycation seorang diri, bersama dengan pasangan, teman, atau keluarga. Hal ini penting untuk memilih hotel yang ingin dipesan.

Sebagai contoh, hotel dengan fasilitas anak mau lebih tepat ketika berlibur bersama dengan keluarga yang masih mempunyai anak kecil. Tetapi, jika ingin staycation bersama dengan pasangan maka mau lebih tepat mencari hotel yang mempunyai suasana romantis.

Baca juga: Pandemi tak surutkan niat staycation sambut tahun baru di hotel

Baca juga: Menparekraf Sandi sarankan warga “staycation” rayakan Tahun Baru 2021

BACA JUGA:  Tujuh jenis rasa lapar yang harus diketahui

Cek protokol kesehatan

Poin ini menjadi yang paling penting. Di masa new normal seperti saat ini, kebersihan dan keamanan menjadi faktor utama ketika kita beraktivitas di luar.

Pastikan hotel pilihan Anda sudah menerapkan protokol kesehatan semoga liburan terjamin aman.

Riset lokasi dan fasilitas hotel

Melakukan riset tentang lokasi dan fasilitas hotel dapat membikin pengalaman menginap semakin maksimal. Dengan begitu, Anda apat juga tahu aktivitas seru apa yang apat juga dilakukan di hotel nantinya. Riset ini dapat dilakukan dengan mudah, seperti mengecek akun media sosial hotel. Dengan demikian, Anda apat juga memperoleh inspirasi aktivitas apa saja yang mau dilakukan di sana.

Ambil cuti tambahan hari kerja berikutnya

Jika Anda ingin lebih menikmati waktu bersama dengan keluarga dan suasana liburan yang lebih khidmat, coba apat juga ambil cuti tambahan satuhari atau beberapa hari di hari Senin dan selanjutnya.

Manfaatkan promo

Setelah semua dilakukan, hal penting selanjutnya merupakan memanfaatkan diskon yang ada. Anda apat juga memperoleh harga promo dengan mengecek situs pemesanan hotel secara berkala.

Baca juga: OYO Indonesia prioritaskan “Safecation” pada tahun 2021

Baca juga: Prediksi tren wisata 2021, “staycation” hingga “roadtrip”

Baca juga: Panduan wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © RUMAHPUTIH 2021

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *