Astronom temukan objek terjauh dari Tata Surya, apakah itu?

  • Whatsapp
1547463864p

ILUSTRASI. Sistem tata surya

Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Astronom berhasil mengidentifikasi objek terjauh dari Tata Surya. Objek berupa bongkahan batuan besar yang ditemukan pada 2018 itu diberi nama Farfarout. 

Astronom mengkonfirmasi kalau Farfarout mempunyai jarak 132 unit astronomi (au) dari Matahari. Ukuran 1 au merupakan rata-rata jarak antara Bumi dan Matahari atau sekitar 150 juta kilometer. 

Sebagai perbandingan, Pluto hanya berjarak 39 au dari Matahari. Ini mengapa Farfarout menjadi objek terjauh yang pernah diamati di Tata Surya. 

Baca Juga: Mendikbud jelaskan mengapa dana BOS 2021 antar daerah berbeda

Dan kini, seperti dikutip dari Phys, Jumat (12/2) tim peneliti telah mengumpulkan cukup pengamatan seperti apakah Farfarout, salah satunya ialah orbitnya. 

Dari pengamatan yang dilakukan melalui teleskop Subaru 8 meter dan teleskop Gemini North serta teleskop Magellan, peneliti menemukan Farfarout mempunyai orbit yang tak biasa. 

Orbitnya memanjang hingga 175 au pada jarak terjauh hingga bersinggungan dengan orbit Neptunus. Sementara saat dekat dengan Matahari, orbit menjadi sekitar 27 au saja. 

Orbit Farfarout yang harus melintasi orbit Neptunus kemungkinan membuatnya mengalami interaksi gravitasi yang kuat dan menjadi alasan mengapa ia mempunyai orbit yang besar dan memanjang. 

Baca Juga: Mendikbud: Ada kesempatan jadi PPPK untuk 1 juta guru honorer

“Hal tersebut menjadikan perjalanan Farfarout mengelilingi Matahari membutuhkan waktu yang sangat lama, sekitar seribu tahun,” kata David Tholen dari University of Hawaii Institute for Astronomy. 

BACA JUGA:  Rusia umumkan kasus perdana flu burung pada manusia

Orbit panjang juga menjadikan pengamatan objek ini untuk mempelajarinya cukup sulit dilakukan. “Orbit yang panjang ini menjadikan Farfarout membuatnya bergerak sangat lambat melintasi langit. Perlu beberapa tahun pengamatan untuk menentukan lintasannya secara tepat,” paparnya. 




Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *