Akur, AS-Turki gelar latihan militer bersama dengan di Laut Hitam

  • Whatsapp
1744799838p

ILUSTRASI. Pada Kamis (11/2/2021), Amerika Serikat (AS) dan Turki menggelar latihan militer bersama dengan di Laut Hitam.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Read More

RUMAHPUTIH.COM – ANKARA. Pada Kamis (11/2/2021), Amerika Serikat (AS) dan Turki menggelar latihan militer bersama dengan di Laut Hitam. Hal tersebut disambut oleh Duta Besar AS untuk Turki, David Satterfield, pada Kamis dalam sebuah pernyataan. 

“Kami menyambut baik kesempatan ini bagi kapal Angkatan Laut AS USS Donald Cook dan USS Porter untuk melakukan latihan dengan angkatan bersenjata Turki di Laut Hitam,” kata Satterfield. 

Satterfield menambahkan, AS sebagai sekutu NATO berbagi komitmen untuk perdamaian dan stabilitas di Eropa dan Timur Tengah sebagaimana dilansir dari Yeni Safak. 

“Latihan bersama dengan membangun keyakinan, meningkatkan komunikasi dan memperkuat kemitraan keamanan kami yang sudah kuat di Laut Hitam dan wilayah yang lebih luas,” tambah Satterfield. 

Baca Juga: Rusia sempat berang, 2 kapal perang Amerika Serikat tinggalkan Laut Hitam

Menurut pernyataan tersebut, kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke USS Donald Cook, USS Porter, dan P-8A Angkatan Laut AS dari Patrol Squadron 46 berpartisipasi dalam latihan udara dan latihan di atas permukaan laut. 

Mereka mau berlatih dengan dengan fregat Turki TCG Orucreis dan TCG Turgutreis serta dua pesawat tempur F-16 Turki bersama dengan pesawat pengintai. 

Satterfield menuturkan, keempat kapal tersebut bertemu di Laut Hitam pada pagi hari untuk mempersiapkan latihan. “Ini memperlihatkan komitmen berkelanjutan Angkatan Laut AS terhadap Turki dan kerja sama NATO di kawasan itu,” imbuh Satterfield dalam pernyataan itu. 

BACA JUGA:  13 Daftar tanya jawab seputar Kartu Prakerja

Baca Juga: Ketegangan AS-China di Laut China Selatan capai titik tertinggi, ini pemicunya!

Vice Admiral Gene Black juga mengatakan bahwa Turki merupakan sekutu yang sangat dihargai AS dan mitra maritim NATO. 

Black menambahkan, jika armada Angkatan Laut Turki melakukan operasi dengan Angkatan Laut AS di Laut Hitam, maka mau memperkuat keunggulan asimetris aliansi NATO.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Dianggap Sebagai Sekutu Berharga, AS-Turki Gelar Latihan Militer Bersama dengan di Laut Hitam”
Penulis : Danur Lambang Pristiandaru
Editor : Danur Lambang Pristiandaru

 

 




Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *