Buntut Kerusuhan, Akun Facebook dan Instagram Donald Trump Ditangguhkan Tanpa Batas Waktu

  • Whatsapp
buntut kerusuhan akun facebook dan instagram donald trump ditangguhkan tanpa batas waktu pI0glrrvg3

WASHINGTON – Bos Facebook Mark Zuckerberg memutuskan menangguhkan akun Facebook dan Instagram Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tanpa batas waktu.

Hal ini dilakukan setelah aksi kerusuhan para pendukung Trump di Capitol Hill kemarin. Facebook langsung menggembok akun Trump di Facebook dan Instagram. Keputusan ini langsung disampaikan Mark di akun pribadinya.

Mark juga mengumumkan mau memperpanjang penangguhan akun Facebook dan Instagram Trump tanpa batas waktu. Dengan demikian, admin akun Trump tidak bisa juga mengunggah postingan terbaru apapun.

“Jadi kami memperpanjang pemblokiran di akun Facebook dan Instagramnya (Trump) tanpa batas waktu dan setidaknya selama dua minggu ke depan,” tulisnya.

CEO Facebook ini menilai Trump sudah terlalu berbahaya jika dibiarkan “bersuara” di media sosial (medsos). Dia menilai Trump sengaja menghalang-halangi proses transfer jabatan ke Presiden AS terpilih Joe Biden.

(Baca juga: Ingat! 8 Panduan Penting Aturan Privasi Baru WhatsApp)

Mark mengatakan seama ini pihaknya membiarkan Trump tetap menggunakan Facebook meskipin terkadang melanggar ketentuan yang diberlakukan.

Tetapi saat ini, Mark menilai Trump sudah kelewatan batas karena sudah menghasut dan memantik kekerasan lewat medsos.

Selain menangguhkan akun Trump, Facebook juga menghapus beberapa konten yang menampilkan aksi kekerasan itu. Seperti himbauan membawa senjata ke beberapa lokasi di AS. Termasuk beberapa foto dan video para demonstran di Capitol Hill.

(Baca juga: Hati-Hati, WFH Rentan Email Spam)

“Kemarin kami menghapus penyataan-pernyataan Trump karena dinilai efeknya yang mau memprovokasi kekerasan lebih lanjut,” jelasnya.

Tak hanya itu, Facebook juga mau melakukan beberapa langkah untuk semakin memperketat unggahan. Yakni meminta admin grup untuk memoderasi materi posting sebelum diunggah. Facebook juga mau menghapus komentar yang mengandung ujaran kebencian dan kekerasan.

BACA JUGA:  Kominfo masuk Tim Kajian UU ITE

Terus dengan menggunakan mesin kecerdasan buatan (AI), Facebook mau langsung menurunkan konten yang dianggap melanggar aturan.

(sst)

 

(amr)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *