Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q4-2020

  • Whatsapp
image012

Jakarta, RUMAHPUTIH.COM – Sejak dua tahun terus persaingan pasar smartphone di Indonesia kian sengit. Samsung yang mendominasi market sejak awal 2013, terpaksa bertekuk lutut di hadapan Oppo pada kuartal kedua 2019 (Canalys).

Tren itu berlanjut ke dua kuartal berikutnya bahkan ke tahun 2020. Setelah Oppo, rekan vendor senegara Vivo pun berhasil menaiki posisi jawara pada kuartal pertama 2020 (IDC Indonesia).

Sampai tutup tahun pun, Samsung tidak berhasil mengembalikan keadaan. Laporan terbaru Canalys memperlihatkan raksasa Korea Selatan itu terpental ke posisi 5.

Menurut Canalys, Top 5 vendor smartphone di Indonesia pada periode Oktober-Desember 2020 berturut-turut merupakan Vivo, Oppo, Xiaomi, Realme, dan Samsung.

realme

Berada di puncak, Vivo mengantongi raihan pangsa pasar 25%, dengan pertumbuhan stabil, atau 0% jika dibandingkan kuartal sama tahun 2019.

Mantan jawara Oppo kini berada di posisi runner-up dengan persentase pasar 24% atau turun 9% dari kuartal sama tahun 2019.

Dari data kuartal terakhir tahun terus, Canalys mencatat dua vendor smartphone yang fokus mengembangkan bisnisnya ke produk-produk AIoT, Xiaomi dan Realme, meraih pangsa pasar yang sama besar yakni 15%.

Mantan penguasa pasar smartphone selama 6,5 tahun di Indonesia Samsung mencatat penurunan tajam sebanyak 45% dengan pangsa pasar kini hanya 14%.

Sementara vendor smartphone lain seperti Advan, Huawei, Infinix, dan lainnya, hanya menampung 7% sisa market share.

realme2

Sebagai perbandingan, di kawasan regional Asia Tenggara, daftar Top 5 vendor Smartphone mempunyai juara dan runner-up sama dengan Indonesia, yaitu Vivo dan Oppo yang sama-sama mengantongi pangsa pasar 21%.

Kemudian di posisi ketiga ada Samsung 15%, Realme 13%, dan Xiaomi 12%, sedangkan vendor lainnya di luar Top 5 menguasai 18%.

BACA JUGA:  Harga Sejutaan, Samsung Galaxy M02 Eksklusif di Lazada

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *