Kementerian PUPR targetkan jalan tol Solo-Yogyakarta beroperasi penuh pada 2024

  • Whatsapp
1551570343p

ILUSTRASI. Sejumlah warga mengikuti sosialisasi rencana pengadaan tanah untuk pembangunan tol Yogyakarta – Solo di kantor Kelurahan Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (4/12/2019).

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

Read More

RUMAHPUTIH.COM –¬†JAKARTA. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, proyek jalan tol Solo-Yogyakarta-NYIA (New Yogyakarta International Airport) Kulon Progo ditargetkan bakal beroperasi penuh pada tahun 2024.

Basuki mengatakan, rencananya pengerjaan konstruksi tahap awal bakal mulai dilakukan pada Maret 2021 pada seksi 1 (Kartasura-Purwomartani) sepanjang 42,37 km. Konstruksi seksi 1 yang sejajar dengan tanah (at grade) ditargetkan dapat beroperasi pada akhir tahun 2022.

Setelah seksi 1, seksi 3 (Gamping-Purworejo) sepanjang 30,77 km ditargetkan beroperasi pada pertengahan 2023. Konstruksi seksi 3 yang sejajar dengan tanah (at grade) ini nantinya bakal menyambungkan dengan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo.

Baca Juga: Kementerian PUPR menargetkan proyek jalan tol Solo-Yogyakarta mulai konstruksi Maret

Selanjutnya, seksi 2 (Purwomartani-Gamping) sepanjang 23,42 km ditargetkan dapat beroperasi pada tahun 2024. Konstruksi seksi 2 berupa elevated (melayang).

Lebih lanjut Basuki mengatakan, saat ini tengah dilakukan proses penetapan lokasi (penlok) seksi 1 dan seksi 2 oleh Pemerintah Provinsi D.I Yogyakarta. “Jadi (ditargetkan) pertengahan 2024 bisa juga beroperasi (penuh),” kata Basuki, Sabtu (13/2).

Baca Juga: Kendaraan yang meninggalkan Jabotabek saat libur turun 8% dari angka normal



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *