Kementerian PUPR menargetkan proyek jalan tol Solo-Yogyakarta mulai konstruksi Maret

  • Whatsapp
1551570343p

ILUSTRASI. Sejumlah warga mengikuti sosialisasi rencana pengadaan tanah untuk pembangunan tol Yogyakarta – Solo di kantor Kelurahan Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (4/12/2019).

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan, konstruksi proyek Tol Solo-Yogyakarta-NYIA (New Yogyakarta International Airport) Kulon Progo bakal dimulai pada Maret 2021.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, tahap awal pengerjaan konstruksi bakal dilakukan pada Seksi 1 Kartasura-Purwomartani sepanjang 42,37 km. Dia bilang, proyek jalan tol sudah dapat memasuki tahap konstruksi jika setidaknya pembebasan lahan minimal sebesar 51%. Saat ini pembebasan lahan hampir mendekati 50%.

“Tanah Insya Allah sudah hampir 50%. Mudah-mudahan akhir bulan ini dapat lebih dari 50% untuk dapat kita mulai konstruksi,” kata Basuki saat kunjungan kerja ke Sukoharjo, Sabtu (13/2).

Basuki mengatakan, Kementerian PUPR telah mendapat dana Rp 1,2 triliun yang nantinya diberikan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selaku pengelola Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo.

Baca Juga: Hampir 147.000 kendaraan keluar Jabotabek pada H-1 libur Imlek

“Dari Rp 1,2 triliun, sudah dibayar LMAN Rp 900 miliar, sekarang Rp 300 miliar sedang diproses untuk dibayar ke BUJT sebagai talangan. Rp 1,2 triliun sudah dibebaskan oleh BUJT,” terang dia.

Lebih lanjut Basuki mengatakan, saat ini tengah proses feasibility study proyek jalan tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo. Ditargetkan akhir bulan ini FS selesai dilakukan. “Setelah itu desain bakal kami selesaikan secepatnya, parsial mana-mana yang dapat dikerjakan duluan secara fisik,” tutur Basuki.

BACA JUGA:  Ini alasan Goldman Sachs kerek target harga Brent ke US$ 70 per barel di kuartal II

Sebagai informasi, proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo diperkirakan membutuhkan biaya konstruksi Rp 15,81 triliun, biaya investasi Rp 26,64 triliun dengan masa konsesi 40 tahun.

Baca Juga: Mengemudi aman di jalan tol saat liburan, simak tipsnya

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *