Paten tunjukkan Apple Watch dapat ukur gula darah

  • Whatsapp
IMG 9308
Jakarta (RUMAHPUTIH) – Apple Watch Series 7 yang bakal dirilis akhir tahun ini dikabarkan bakal membawa sejumlah fitur baru terkait kesehatan, termasuk kemampuan mengukur glukosa darah yang bakal bermanfaat bagi penderita diabetes.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu, Apple mengajukan paten atas teknologi yang bakal digunakan untuk memantau gula dara pengguna Apple Watch, bahkan tanpa mengambil sampel darah seperti yang dilakukan saat ini.

Baca juga: Smartwatch bantu kenali penyakit jantung

File paten yang diajukan ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) menjelaskan bahwa Apple berencana menggunakan spektoskopi untuk memperoleh pembacaan gula darah non-invasif.

Apple menggunakan radiasi elektromagnetik terahertz untuk mendeteksi “gas, kesehatan/kualitas bahan cair atau padat.”

Tetapi, terdapat beberapa masalah di dalamnya. Apple mengatakan “mengintegrasikan sensor gas pada perangkat elektronik membutuhkan bukaan untuk memungkinkan udara mengalir ke sensor gas sehingga gas dapat dideteksi.”

Baca juga: Apple Watch Series 5 meluncur dengan riset kesehatan

Bukaan tersebut digunakan untuk memungkinkan aliran udara dapat mengurangi perlindungan perangkat dari air. Selain itu, pembacaan gula darah harus teliti.

Sistem yang dibayangkan oleh Apple bakal dapat terus memantau kadar glukosa darah penderita diabetes, tetapi tidak dengan akurasi untuk pasien rumah sakit.

Dengan membawa teknologi ukur glukosa darah non-invasif ke Apple Watch, baterai perangkat dapat habis lebih cepat dari umumnya. Harga jam tangan pintar tersebut juga dapat saja naik.

Teknologi yang dibahas dalam pengajuan paten tersebut juga dapat digunakan untuk mendeteksi kanker kulit dan masalah kulit lainnya.

Samsung juga dikabarkan siap menyertakan fitur monitor glukosa darah non-invasif pada jam tangan pintar miliknya selanjutnya yang diharapkan bakal dirilis pada akhir tahun ini. Tidak diketahui apakah Samsung bakal menggunakan teknologi yang sama dengan Apple untuk sistemnya.

BACA JUGA:  OASE QCY T1C, TWS "entry level" yang bersuara kuat

Baca juga: Apple Watch dapat langsung tersambung ke Spotify

Baca juga: Apple luncurkan Watch Series 6, dapat ukur oksigen dalam darah

Baca juga: Xiaomi bocorkan Mi Watch, mirip Apple Watch

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © RUMAHPUTIH 2021

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *