Ekonom senior INDEF ingatkan LPI jangan melenceng dari tujuan utamanya

  • Whatsapp
1144758173p

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo melantik anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI) di Istana Negara, Jakarta (27/1/2021).

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Aviliani menyambut baik pembentukan Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau yang juga dikenal dengan Sovereign Wealth Fund (SWF).

Tetapi, ia mengingatkan, pendirian LPI ini perlu diawasi. Jangan sampai, lembaga ini tidak memberikan manfaat kepada masyarakat dan kepada negara, sehingga LPI harus memberikan multiplier effect ke depannya.

“Karena jangan sampai karena banyak unsur politik, jadi seperti lembaga lain seperti SMI, LPEI yang dilihat multiplier effectnya belum kelihatan, tetapi malah tidak sejalan dengan tujuan utamanya. Jangan sampai LPI nanti melenceng,” ujar Aviliani dalam INDEF talk, Jumat (12/2).

Baca Juga: Kerbau Logam Membawa Sentimen Bullish, Cermati Saham Pemberi Hoki Tahun Ini

Aviliani juga optimistis LPI ini dapat jadi angin segar dalam menarik investasi di proyek-proyek pembangunan Indonesia dan membantu investor asing yang ingin menanamkan modal di dalam negeri. Tetapi, yang jadi PR besar ialah menjamin yang diinvestasikan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini dapat efektif.

Ia mengingatkan, jangan sampai modal ditanamkan pada BUMN yang “mayat hidup” alias sebenarnya tidak memiliki kemampuan, tetapi dipaksa untuk terus ada. Karena proyek mungkin dapat terus berjalan, tetapi dengan risiko tidak ada keuntungan dan malah negara harus menyuntikkan PMN terus.

BACA JUGA:  Ini penyebab Thailand pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun 2021

“Sehingga, adanya LPI ini betul-betul untuk dapat mengoptimalkan aset,” tambah Aviliani.

Bila investasi sudah masuk dan proyek sudah berjalan, multiplier effect yang diharapkan ialah terciptanya lapangan pekerjaan. Dengan adanya lapangan pekerjaan dan menambah pendapatan masyarakat, maka konsumsi bakal berjalan, dan ini bakal mendorong pertumbuhan ekonomi juga.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *