Korea Selatan dan AS bakal gelar latihan militer skala besar, respons Korea Utara?

  • Whatsapp
878487125p

ILUSTRASI. Bendera Korea Selatan dan Amerika berkibar bersebelahan di Yongin, Korea Selatan, 23 Agustus 2016

Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: S.S. Kurniawan

Read More

RUMAHPUTIH.COM – SEOUL. Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) sedang bersiap untuk mengadakan latihan militer gabungan bulan depan.

Rencana itu telah menarik perhatian di tengah kekhawatiran bahwa Korea Utara dapat menggunakan latihan tersebut sebagai dalih untuk provokasi di bulan-bulan awal Pemerintahan Presiden AS Joe Biden. 

Pyongyang telah lama mengecam latihan militer gabungan Korea Selatan dan AS sebagai gladi resik untuk invasi.

Meskipun ada keluhan dari Korea Utara, pelatihan pos komando yang disimulasikan komputer kemungkinan bakal bergulir pada pertengahan Maret, menurut sumber militer Korea Selatan kepada Yonhap.

Konsultasi sedang berlangsung antara Seoul dan Washington untuk memutuskan perincian latihan militer, termasuk skala dan jadwalnya.

Baca Juga: Biden: Saya tidak pernah ragu gunakan kekerasan untuk membela kepentingan AS & sekutu

“Diskusi terus berlanjut di tingkat kerja, dan kami bakal mengadakan pertemuan untuk menyelesaikan keputusan itu,” kata sumber tersebut.

Korea Selatan dan AS umumnya melakukan latihan gabungan skala besar dua kali setahun, bersama dengan dengan latihan berskala kecil sepanjang tahun.

Tetapi, kedua negara “tanpa batas” menunda latihan militer skala besar pada 2020 terus menyusul pandemi virus corona baru. Tapi, latihan skala kecil tetap digelar pada Agustus tahun terus.

Pembicaraan juga sedang berlangsung tentang uji Kemampuan Operasional Penuh (FOC) guna mematikan, apakah Seoul berada di jalur untuk memenuhi syarat untuk merebut kembali Kendali Operasional Masa Perang (OPCON) dari AS.

BACA JUGA:  Cuaca Ekstrem Amerika Serikat, Isi Ulang Baterai Mobil Listrik Rp5 Juta

Uji FOC seharusnya berjalan pada 2020. Tetapi, Korea Selatan dan AS tidak dapat melakukannya karena situasi Covid-19.

 




Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *