Pemilihan direksi BPJS jadi wewenang presiden, DJSN pilih pansel untuk menyeleksi

  • Whatsapp
1109361158p

ILUSTRASI. Petugas mengambil dokumen milik peserta BPJS Kesehatan. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nz

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Herlina Kartika Dewi

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Pemilihan direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan menjadi kewenangan presiden.

Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) mengaku telah melakukan perannya dalam menyeleksi calon direksi. DJSN memilih panitia seleksi untuk memilih calon direksi.

“Dalam memilih pansel tersebut tentu menimbang kompetensi beragam sesuai kebutuhan untuk dapat melakukan assessment,” ujar Anggota DJSN Agung Pambudhi saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (15/2).

Pasalnya pendaftar direksi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan berasal dari bermacam latar. Perlu proses seleksi yang mampu melihat pengetahuan dan kemampuan di tata kelola, investasi, keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM), IT, dan lainnya.

Baca Juga: DJSN sebut 6 aspek yang harus dibenahi calon dewan direksi BPJS Kesehatan

Agung menyebut pansel telah menyaring pendaftar yang ada sebelumnya. Nama calon direksi yang disaring pansel juga telah disampaikan kepada Presiden.

“Hasil pilihan pansel sepenuhnya yang diajukan ke Presiden merupakan pertimbangan Presiden untuk menentukan direksi terpilih,” terang Agung.

Sebagai informasi untuk calon direksi BPJS Ketenagakerjaan terdapat 14 calon direksi. Sementara untuk calon direksi BPJS Kesehatan terdapat 16 nama calon.

Hingga saat ini belum terdapat informasi calon direksi yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo. 

Kementerian Sekretariat Negara pun masih belum mau membuka terkait informasi tersebut meski saat ini DPR telah memilih lima warga dewan pengawas untuk masing-masing lembaga tersebut.

BACA JUGA:  Ali Ghufron Mukti berkomitmen untuk meningkatkan kepesertaan BPJS Kesehatan

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda mau menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang apat juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *