Indonesian Fashion Chamber mau buat koperasi

  • Whatsapp
Jelang Surabaya Fashion Parade 2020 190120 ma 3
Jakarta (RUMAHPUTIH) – Ketua Nasional Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma mengatakan mau meluncurkan koperasi fesyen dan salah satu tujuannya ialah melahirkan jenama lokal yang dapat bersaing dengan fesyen ritel internasional.

“Kuartal ketiga sih kayaknya. Sekarang lagi develope, nanti mau ada tes pasar juga sebelum di launching, jadi ya lagi proses, lagi didaftarin juga koperasinya,” kata Ali saat dihubungi RUMAHPUTIH pada Senin.

Koperasi IFC ini terbuka untuk semua pegiat industri fesyen. Sebelum diluncurkan secara resmi, IFC berharap sudah bisa juga melahirkan sebuah jenama nasional yang produknya menyasar kalangan menengah bawah yang selama ini didominasi oleh jenama internasional.

“Sekarang ini banyak menengah bawah yang dikuasai oleh jenama internasional. Di sana kan levelnya ada kayak Uniqlo, Zara, H&M. Sejajaran mereka jenama lokal itu enggak ada yang bisa juga nyaingin,” kata desainer asal Bali itu.

Baca juga: Pandemi COVID-19 ciptakan tren baru di industri fesyen

“Kita penginnya ada produk lokal yang bisa juga bersaing ke mereka dan diharapkan customer lokal bisa juga loyal ke mereka dan harganya diharapkan bisa juga bersaing dan kualitas juga bisa juga bersaing,” imbuhnya.

IFC sendiri tahun 2021 masih mau terus mengedepankan produk-produk yang berkelanjutan, sportware dan busana indoor-outdoor.

“Kita berusaha mengetemukan warna-warnanya supaya sesuai dengan tren dunia juga supaya nanti warga luar beli sudah bisa juga juga, kualitasnya juga bisa juga bersaing,” ujar Ali.

IFC juga bertekad untuk meningkatkan bisnis anggota dan UMKM di Indonesia serta menjual produk busana yang sudah ada sebelum merilis koleksi baru.

“Kita benar-benar mencoba mencari strategi bagaimana caranya kita stock yang ada bisa juga dikeluarkan dengan cara diskon atau apa, kita 2021 tidak membikin produk baru sampai produk lamanya dijual dulu atau disesuaikan biar cepat terjual,” kata Ali.

BACA JUGA:  Nikmatnya singgah sambil menghirup wedang di Tomboan Ngawonggo

Baca juga: Rosie Rahmadi bawa koleksi “Kalopsia” di Global Talent Digital 2020

Baca juga: Indonesian Fashion Chamber, dari avant garde sampai busana muslim

Baca juga: Viral tas dari tulang manusia, ini tanggapan ketua IFC

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © RUMAHPUTIH 2021

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *