5 Final Piala Dunia Terbaik Sepanjang Masa, Nomor 2 Saksi Bisu Zidane Kartu Merah

  • Whatsapp
5 final piala dunia terbaik sepanjang masa nomor 2 saksi bisu zidane kartu merah pnZOOkGDL6

GELARAN Piala Dunia selalu ditunggu-tunggu bagi para pecinta sepakbola. Para pemain bintang ‘pulang kampung’ demi membela negara masing-masing di kompetisi sepakbola tertinggi planet bumi itu.

Pertandingan partai final di ajang Piala Dunia tak ayal selalu dinantikan. Banyak drama, emosi dan kontroversi terjadi pertandingan puncak ajang empat tahunan ini.

Kali ini Okezone bakal membahas lima pertandingan final yang dianggap paling berkesan selama perhelatan Piala Dunia. Dilansir dari laman Sportmob, Senin (15/2/2021), berikut lima pertandingan final Piala Dunia terbaik sepanjang masa

5. Argentina vs Belanda (Piala Dunia 1978)

v5i4u2q5bpogp1w6mc6u 16547

Laga antara Argentina vs Belanda di Piala Duna 1978 masuk dalam salah satu pertadingan final Piala Dunia paling berkesan. Tim Tango yang bertindak sebagai tuan rumah kala itu berhasil menyudahi perlawanan De Oranje pada pertandingan yang berlangsung di River Plate Stadium, Buenos Aires.

Pertandingan ini menjadi sorotan lantaran Argentina dianggap mengulur waktu pertandingan hingga keributan antar suporter sempat terajadi. Laga pun berlangsung dengan tempo tinggi sepanjang waktu. Meski begitu, Argentina akhirnya berhasil keluar sebagai juara usai menang meyakinkan 3-1 atas Belanda.

4. Brasil vs Swedia (Piala Dunia 1958)

 

Seakan mengobati kekecewaaan pada dua edisi sebelumnya, Brasil berhasil meraih trofi Piala Dunia pertama mereka kali ini. Tim Samba menghadapi Swedia yang merupakan tuan rumah di Piala Dunia 1958.

Pertandingan final ini menjadi sorotan lantaran banyak rekor tercipta salah satunya merupakan rekor gol terbanyak yang dicetak di final Piala Dunia. Brasil saat itu berhasil mengalahkan Swedia dengan skor telak 5-2.

Selain itu, Piala Dunia 1958 juga menjadi panggung awal bagi pesepak bola bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento atau yang akrab dikenal Pele. Ia bahkan hanya kalah dari bomber Prancis, Just Fontaine (13 gol) yang mencatatkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu edisi Piala Dunia.

BACA JUGA:  7 Tahun Tak Makan Nasi, Intip Foto-Foto Maria Vania Pamer Perut Mulus

3. Italia vs Jerman Barat (Piala Dunia 1982)

 ybyjs9f1uedo254odild 14037

Sebelumnya tidak ada yang memprediksi kalau Piala Dunia 1982 bakal menjadi milik Italia. Akan tetapi, tim arahan Enzo Bearzot tampil cukup mengejutkan termasuk saat mereka mengalahkan calon kuat juara, Brasil, di fase grup kedua.

Setelah melakoni beraneka laga sulit, Italia ditantang Jerman di partai final. Gli Azzurri akhirnya sanggup menjadi juara dunia untuk ketiga kalinya setelah menang 3-1 lewat gol Paolo Rossi, Marco Tardelli, dan Alessandro Altobelli. Nama pertama bahkan menjadi top skor turnamen dengan enam gol.

2. Italia vs Prancis (Piala Dunia 2006)

 1wr0ia411orw37oqid8g 18119

Tidak dapat dimungkiri bahwa pada partai final Piala Dunia 2006 yang mempertemukan antara Timnas Italia kontra Timnas Prancis, menyisakan banyak cerita. Pasalnya, pada laga itu terdapat hal yang kontroversial ketika kapten Prancis, Zinedine Zidane, mendapat kartu merah.

Zidane diusir wasit keluar dari lapangan karena terprovokasi bek Italia, Marco Materazzi. Saat itu, Zidane yang tak terima dengan perkataan Materazzi langsung menanduk lawannya hingga terjatuh.

Tak ayal, wasit langsung memberikan kartu merah kepada sang pemain. Laga pun kian panas usai kejadian tersebut. Italia akhirnya berhasil keluar sebagai juara usai mengalahkan Prancis lewat drama adu penalti.

1. Prancis vs Kroasia (Piala Dunia 2018)

 nfsioukei37q7qip1osj 19223

Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Moskow, Rusia. Pasukan Didier Deschamps tampil menjanjikan sejak fase grup termasuk saat mengalahkan Argentina di babak 16 besar.

Dihuni para pemain muda berbakat, Prancis kemudian melaju ke partai puncak usai mengalahkan Belgia. Les Bleus menghadapi tim kuda hitam, Kroasia yang tampil mengejutkan.

Meski demikian, mental juara serta kekuatan lini depan Prancis akhirnya berhasil membawa mereka meraih trofi Piala Dunia untuk kedua kalinya.

BACA JUGA:  Intip Georgina Rodriguez Jemur Pakaian di Atas Kapal Pesiar Mewah Milik Cristiano Ronaldo, Seksi Banget!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *