Luhut harap program padat karya restorasi terumbu karang pekerjakan banyak warga

  • Whatsapp
670401445p

ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) terus mengawal jalannya program PEN Padat Karya Restorasi Terumbu Karang (ICRG). Setelah program ini bisa juga mempekerjakan belasan ribu warga, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan berharap semoga warga yang dipekerjakan terus meningkat.

“Kegiatan PEN ICRG telah mempekerjakan 10.717 warga yang terdampak Covid-19 di Bali pada tahun 2020 kemarin. Tentu kita ingin angka ini dapat ditingkatkan lebih lagi,” ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Senin (15/2).

Setelah melakukan restorasi terumbu karang seluas hingga 74,3 Ha pada tahun 2020, maka program ini bakal dilanjutkan pada periode 2021-2022 di 9 lokasi. Rencananya, program ini bakal  melibatkan 150.000 warga.

Kegiatan PEN-ICRG pada 2021-2022 pun diharapkan mampu memperluas wilayah restorasi hingga 1.000 Ha dengan jumlah anggaran total Rp 1,5 Triliun. Dari anggaran tersebut, sekitar 35% hingga 45% bakal diserap sebagai upah.

9 wilayah baru yang dilibatkan yaitu 3 lokasi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan 6 wilayah wisata dan konservasi.

Baca Juga: Kata ekonom Bank Mandiri soal penurunan surplus perdagangan pada Januari 2021

Kegiatan ini bakal melibatkan bermacam Kementerian/Lembaga terkait seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pertahanan, TNI AL, BPPT, Pemerintah Daerah setempat, dan bermacam Perguruan Tinggi.

BACA JUGA:  Penurunan suku bunga acuan BI jadi sentimen positif utang pemerintah

“Keberhasilan 2020 dapat menjadi contoh yang baik semoga seluruh K/L terlibat dapat bahu-membahu dalam menyukseskan program PEN ICRG di tahun berikutnya,” kata Luhut.

Rencananya, bakal ada tiga aktivitas utama yaitu pembuatan struktur terumbu karang buatan, penenggelaman eks-kapal KRI sebagai Terumbu Karang Buatan dan wreck dive, juga pembuatan kapal riset pesisir untuk monitoring terumbu karang.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *