Jokowi titahkan produksi vaksin Merah Putih dipercepat, dimulai akhir 2021

  • Whatsapp
1360839686p

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo memerintahkan untuk mempercepat produksi vaksin Covid-19 buatan negeri atau vaksin Merah Putih.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Produksi vaksin Covid-19 buatan negeri atau vaksin Merah Putih harus dipercepat. Itu merupakan titah Presiden Joko Widodo kepada  jajarannya. 

Pemerintah menargetkan, produksi vaksin tersebut dimulai pada akhir 2021. 

“Saya juga telah memerintahkan untuk mempercepat produksi vaksin kita sendiri, vaksin Merah Putih, tetapi juga ini ternyata memerlukan waktu. Mungkin baru akhir tahun Insyaallah baru diproduksi,” kata Jokowi saat memberikan arahan pada rapat pimpinan TNI-Polri di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/2/2021). 

Jokowi mengatakan, pemerintah terus berupaya memperoleh vaksin Covid-19. Akan tetapi, hal ini tidak mudah lantaran Indonesia harus bersaing dengan 215 negara di dunia. 

Baca Juga: Kandidat vaksin Merah Putih segera tercipta, RI bisa juga mandiri hasilkan vaksin Covid-19

Hingga saat ini, vaksin Covid-19 yang datang ke Tanah Air baru dari satu negara yakni vaksin Sinovac asal China. Akan tetapi, pemerintah telah menjalin kerja sama dengan beberapa negara lainnya untuk pengadaan vaksin ini. 

Oleh karena itu, menurut dia, keberadaan vaksin Merah Putih diharapkan dapat mempercepat proses vaksinasi virus corona. 

“Yang kita harus sadar, tidak mudah memperoleh yang namanya vaksin sekarang ini,” ujar Jokowi. 

Baca Juga: Pemerintah diminta antisipasi kenaikan kasus positif Covid-19 di tengah vaksinasi

Jokowi mengatakan, vaksinasi bertujuan untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. Hal ini merupakan upaya mengakhiri pandemi. Ia menargetkan, vaksinasi Covid-19 dapat menjangkau 70% penduduk Tanah Air atau sekitar 182 juta warga. 

BACA JUGA:  Kemenko Marves sebut pelaksanaan crew change berpotensi tambah penerimaan negara

Lantaran satu warga harus disuntik dua dosis vaksin, maka dibutuhkan kurang lebih 364 juta vaksin Covid-19. “Bukan angka yang kecil karena angka ini mau menghasilkan kekebalan komunal, herd immunity,” kata Jokowi. 

Adapun vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah dimulai sejak 13 Januari 2021. Presiden menjadi warga pertama di Tanah Air yang disuntik vaksin. 
Saat ini vaksinasi terus berlanjut ke seluruh pelosok negeri dan memprioritaskan tenaga kesehatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jokowi Perintahkan Produksi Vaksin Merah Putih Dipercepat, Dimulai Akhir 2021”
Penulis : Fitria Chusna Farisa
Editor : Icha Rastika

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda mau menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *