Sri Mulyani: Proyeksi rentang pertumbuhan ekonomi bergeser jadi 4,3%-5,3%

  • Whatsapp
301662466p

ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani saat Kompas 100 CEO Forum yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (21/1).

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan proyeksi pertumbuhan ekonomi pada 2021 berada di rentang 4,3% hingga 5,3% year on year (yoy). Angka tersebut bergeser dari prediksi sebelumnya yakni 4,5% hingga 5,5% yoy sebagaimana dalam Undang-Undang (UU) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2021.

“Sekarang range-nya agak bergeser, tapi poin estimasi kita ada di 5%,” kata Menkeu Sri Mulyani saat Konferensi Pers Dewan Pengawas dan Dewan Direktur LPI di Kantor Presiden, Selasa (16/2).

Meskipun rentang pertumbuhan ekonomi semakin melandai, Menkeu meyakini pemulihan ekonomi tetap mau berlanjut pada kuartal pertama 2021 saat ini. Hal ini sejalan dengan bermacam perbaikan indikator ekonomi, misalnya purchasing managers’ index (PMI) manufacture Indonesia yang terus meningkat.

“Karena kuartal pertama 2021 kita lihat dari bermacam indikator ekonomi meskipun dilakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), tetap terjadi pemulihan akselerasinya masih terlihat nyata,” ujar Menkeu.

Baca Juga: Ini kata pengamat pajak soal diskon PPnBM mobil baru

Lebih lanjut, Menkeu mengatakan pada Februari dan Maret 2021 ekonomi mau terus membaik disokong dengan dukungan pemerintah melalui APBN termasuk program pemulihan ekonomi nasional (PEN). “Supaya kuartal pertama 2021 tetap dapat ada momentum pemulihan baik secara qoq dan yoy-nya,” ujar Menkeu.

Sri Mulyani memprediksi dengan skenario ekonomi di kuartal pertama 2021 positif, maka pada kuartal kedua hingga kuartal ketiga 2021, ekonomi mau tumbuh lebih tinggi karena terakselerasi pemulihan ekonomi. 

BACA JUGA:  Kurs pajak periode 3-9 Maret 2021, rupiah kian melemah atas mayoritas mata uang

Baca Juga: Bank-bank BUMN Menargetkan Pertumbuhan Kinerja Lebih Tinggi Tahun Ini

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda mau menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *