BPOM terbitkan izin darurat 13 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac produksi Bio Farma

  • Whatsapp
679607331p

ILUSTRASI. Kepala Badan POM Penny K. Lukito memberikan keterangan penerbitan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat. ANTARA FOTO/HO/Humas BPOM/wpa/hp.

Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) kedua untuk vaksin Covid-19 asal Sinovac yang diproduksi PT Bio Farma. 

EUA ini untuk 13 juta dosis yang dicanangkan selesai diproduksi pada Kamis (11/2) pekan terus.

“Sehingga EUA untuk vaksin yang diproduksi oleh PT Bio Farma pada hari ini 16 Februari 2021 dapat disetujui dan memperoleh EUA dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia,” kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers, Selasa (16/2). 

Penny mengatakan, vaksin Covid-19 yang diproduksi PT Bio Farma ini diberi nama vaksin Covid-19 dengan nomor EUA yakni 2102907543A1. 

Baca Juga: Vaksin melindungi tubuh dari gejala corona di level berat hingga mematikan

Menurut Penny, vaksin Covid-19 ini mempunyai bentuk vial dengan sediaan 5 ml untuk 10 dosis vaksin. Vial ini dikemas di dalam dus. 

“Vaksin stabil disimpan pada suhu 2 sampai 8 derajat Celcius. Setiap vial dilengkapi dengan dua dimensi barcode, memperlihatkan identitas masing-masing vial,” ujarnya.

Penny mengatakan, meski BPOM pernah menerbitkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Sinovac akan tetapi pemberian EUA untuk hasil produksi terbaru ini harus dilakukan untuk menjamin mutu, kegunaan, dan keamanan vaksin. 

“Ini membutuhkan pengujian, evaluasi khusus dan pemberian EUA yang terpisah, karena adanya perbedaan tempat produksi, perbedaan kemasan, sebelumnya ialah simbol dus sekarang menjadi multicodus, ini lebih efektif lebih efisien,” pungkasnya. 

BACA JUGA:  Di tengah pandemi Covid-19, flu hampir hilang di Negeri Paman Sam

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *