Kata pengamat terkait upaya pemerintah mengejar rasio kepatuhan pajak hingga 80%

  • Whatsapp
1395580255p

ILUSTRASI. Wajib pajak berkonsultasi dengan petugas di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Palmerah, Jakarta, Senin (12/10/2020). Kata pengamat terkait upaya pemerintah mengejar rasio kepatuhan pajak hingga 80%.

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Noverius Laoli

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menargetkan rasio kepatuhan pajak untuk pelaporan surat pemberitahuan (SPT) Tahunan pajak penghasilan (PPh) 2020 sebesar 80% dengan target pelaporan pajak sebanyak 19 juta SPT.

Untuk mencapai tingkat kepatuhan tersebut, Pengamat Pajak Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Fajry Akbar mengatakan otoritas pajak perlu melakukan pendekatan kepada wajib pajak (WP) warga pribadi (OP).

Sementara, untuk WP Badan dinilai tidak ada permasalahan kepatuhan yang signifikan karena kebanyakan sudah didampingi oleh konsultan pajak profesional.

“Salah satu caranya merupakan melalui sosialisasi. Tentunya ini menjadi tantangan mengingat tidak ada kontak fisik. Sejauh ini, saya mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh DJP. Banyak platform digital yg telah dioptimalkan oleh DJP. Bahkan memperoleh reminder via surel,” kata Fajri kepada Kontan.co.id, Selasa (16/2).

Baca Juga: Hingga hari ini, 2,06 juta wajib pajak sudah lapor SPT Tahunan 2020

Kendati demikian, Fajry menilai tahun ini potensi lebih bayar pajak masih tinggi. Meski demikian, hal tersebut sebetulnya telah diantisipasi oleh otoritas pajak melalui SE-47/2020.

Melalui SE tersebut, Ditjen Pajak memberikan dua pilihan kepada wajib pajak. Pertama, kelebihan pajak diperhitungkan sebagai angsuran PPh  Pasal 25 masa pajak berikutnya. Kedua, kelebihan tersebut dipindahbukukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.   

BACA JUGA:  Apresiasi vaksinasi bagi sektor pariwisata, PHRI: Respons anggota sangat antusias

“Kemudian selebihnya, apabila diakhir tahun masih terdapat kelebihan maka mekanisme normal mau berlaku,” ujar Farjy.

Sebagai info, data DItjen Pajak memperlihatkan realisasi penyampaian SPT Tahunan PPh 2020 sudah masuk sebanyak 2.067.336 SPT hingga Selasa (16/2). Berdasarkan data yang diterima Kontan.co.id, realisasi SPT Tahunan PPh 2020 tersebut terdiri dari 1.966.402 SPT wajib pajak WP OP, serta 100.934 SPT WP Badan.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda mau menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang apat juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *