Ekonom CORE ungkap penyebab insentif pajak mobil sulit ungkit pertumbuhan ekonomi

  • Whatsapp
415881208p

ILUSTRASI. Ekonom CORE ungkap penyebab insentif pajak mobil sulit ungkit pertumbuhan ekonomi

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Pemerintah sepakat untuk memberikan insentif potongan tarif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk mobil. Insentif ini berlaku selama sembilan bulan per tanggal 1 Maret 2021 hingga 1 Desember 2021.

Pemerintah mengatakan, insentif diskon PPnBM mobil ini bertujuan untuk menstimulus konsumsi kelompok masyarakat menengah-atas dan nantinya bisa juga mendorong pertumbuhan ekonomi.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy mengatakan, dalam tataran teoretis, memang insentif ini bisa juga mendorong pertumbuhan ekonomi, yaitu dari sisi lapangan usaha, yaitu industri otomotif dan dari sisi pengeluaran, konsumsi rumah tangga.

Apalagi, seperti kita tahu, konsumsi rumah tangga merupakan motor penggerak pertumbuhan ekonomi domestik selama ini.

Baca Juga: Ini strategi Indonesia Kendaraan Terminal (IPCC) kejar pertumbuhan pendapatan 10%

Hanya saja, bila dilihat dari momentum pemberian insentif ini kurang tepat. Karena, belum tentu masyarakat terdorong untuk membeli mobil dalam waktu dekat.

“Belum tentu, karena pada saat pandemi dan pemulihan ekonomi yang berjalan lambat, bisa juga saja tren masyarakat menabung untuk motif berjaga masih mau berlanjut,” kata Yusuf kepada Kontan.co.id, Selasa (16/2).

Yusuf bilang, sebenarnya pun, daya beli masyarakat kelas menengah atas ini masih relatif terjaga, hanya saja mereka masih melakukan delaying purchasing karena masih khawatir mau penanganan pandemi yang belum optimal. Maka, hal yang lebih tepat ialah dengan lebih cepat dalam menekan angka penularan virus ini.

BACA JUGA:  Tol Ciawi-Sukabumi seksi Cigombong - Cibadak ditargetkan rampung Agustus 2021

Selain cepat atau lambatnya respons masyarakat, risiko dalam hal ini ialah apakah perusahaan pembiayaan mau lebih longgar dalam menyalurkan kredit kendaraan baru.

Baca Juga: Industri mamin masih mau tertekan, simak saham-saham rekomendasi analis

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda mau menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *