Studi: Perempuan Berisiko Cedera Lebih Tinggi dalam Tabrakan Mobil

  • Whatsapp
59883 ilustrasi mengemudi unsplashpaje victoria

RUMAHPUTIH.COM – Institut Asuransi Keselamatan Jalan Raya (IIHS) yang bermarkas di Arlington, Virginia, Amerika Serikat melalui sebuah studi baru-baru ini mengungkap temuan soal laka lantas atau kecelakaan terus lintas. Taitu, pengemudi perempuan lebih rentan mengalami cedera saat mengalami tabrakan.

Dari hasil penelitian disebutkan bila rentannya kaum perempuan soal cedera ini bahkan sampai meninggal dunia. Dan uniknya, kondisi ini bukan ditinjau dari faktor perbedaan fisik dengan kaum lelaki. Melainkan dari pilihan kendaraan dan jenis kecelakaan yang dialami.

Dilansir dari Car and Driver, IIHS menemukan bahwa sekitar 70 persen perempuan yang mengalami kecelakaan berada di dalam kendaraan yang lebih besar, dibandingkan dengan sekitar 60 persen lelaki. Sementara 20 persen lelaki berada dalam pickup, dibandingkan dengan kurang dari lima persen perempuan.

Jadi meskipun secara keseluruhan lelaki lebih banyak terluka dalam tabrakan mobil, dan cenderung terlibat dalam perilaku berisiko saat berkendara serta menempuh jarak yang lebih jauh, perempuan masih mempunyai risiko lebih tinggi terluka dalam sebuah tabrakan.

Baca Juga:
Laka Lantas, Suzuki Baleno Meledak di Singaraja Bali

Ilustrasi tabrakan mobil. (Shutterstock)
Ilustrasi tabrakan mobil. (Shutterstock)

Secara statistik, lelaki sebenarnya lebih berisiko. Akan tetapi masih mempunyai kemungkinan untuk melarikan diri atau menghindar dari kecelakaan tanpa cedera.

Ketika peneliti membandingkan tabrakan depan dan samping yang dilaporkan polisi terjadi antara 1998 dan 2015, peneliti menemukan bahwa perempuan tiga kali lebih mungkin mengalami cedera sedang, dan dua kali lebih mungkin menderita cedera parah daripada kaum Adam.

Tetapi dengan mempersempit evaluasi menjadi apa yang oleh para peneliti disebut tabrakan yang “kompatibel”, tabrakan depan yang melibatkan satu mobil atau dua mobil berukuran dan berat yang sama, ada temuan bahwa perbedaan cedera antara perempuan dan lelaki menyusut secara signifikan.

BACA JUGA:  PAL-V Liberty, Mobil Kecil Tiga Roda Bersayap Kantongi Sertifikasi EASA

IIHS mengatakan perempuan 2,5 kali lebih mungkin mengalami cedera kaki sedang, dan 70 persen lebih mungkin mengalami cedera kaki serius dibandingkan lelaki.

Baca Juga:
Traffic Accident Quick Response Polres Tulungagung Siap Tangani Laka Lantas

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *