Sandiaga Uno sebut realisasi hibah pariwisata di 2020 mencapai Rp 2,26 triliun

  • Whatsapp
1425661429p

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA.  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa realisasi dana hibah pariwisata di 2020 sekitar Rp 2,26 triliun. Hal ini disampaikannya dalam rapat kerja dengan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Kami membahas secara detail tentang hibah pariwisata pada 2020 dari total Rp 3,3 triliun terealisasi 70% atau Rp 2,26 Triliun salah satu evaluasinya data yang disiapkan belum terverifikasi dan tervalidasi,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, Selasa (16/2).

Sandi menyebut proses validasi dan verifikasi masih menjadi pekerjaan rumah Kemenparekraf. Hal ini diperlukan supaya dana hibah ini kedepannya dapat menjangkau lebih banyak lagi hotel, restoran, termasuk diperluas untuk para pelaku sektor pariwisata lain termasuk biro perjalanan wisata, taman rekreasi dan lainnya.

Dia pun mengatakan di tahun 2021 hibah pariwisata bakal dapat menjangkau lebih banyak penerima.

“Tahun terus 2020 ada sebanyak 6.818 hotel dan 7.625 restoran yang memperoleh dana hibah pariwisata ini. Pada tahun 2021 bakal kita tingkatkan, lanjutkan, dan perluas untuk meningkatkan resiliensi dan ketahanan industri pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19,” jelas Sandiaga.

Baca Juga: Luhut harap program padat karya restorasi terumbu karang pekerjakan banyak warga

Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan pihaknya tak menginginkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini mengalami kerusakan permanen karena mereka telah melakukan melewati periode likuiditas yang sangat minim. Saat ini mereka menghadapi situasi menjual aset mereka ini merupakan bentuk kerusakan permanen yang harus dihindari.

BACA JUGA:  Vaksinasi Covid-19 di bulan puasa mau dilakukan malam hari

Dia pun mendorong biar program prakerja biar diperluas untuk pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dia mengatakan pihaknya tengah menyiapkan data tersebut.

“Pak Menko Perekonomian menyampaikan siap menampung program pra kerja dengan acuan data yang sudah clean atau sudah net dapat didapatkan segera,” kata Sandiaga.

Berkaitan dengan program stimulus PEN yang diberikan sebelumnya, dia pun mengatakan Kemenparekraf mendorong sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam program tersebut termasuk subsidi bunga, restrukturisasi kredit, dan beberapa program bantuan sosial, program padat karya.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *