Ada Celah Berbahaya di Aplikasi Shareit

  • Whatsapp
SHAREit

Jakarta, RUMAHPUTIH.COM – Analis Perusahaan Keamanan Siber Trend Micro, melaporkan bahwa menemukan beberapa kerentanan dalam aplikasi Shareit untuk perangkat smartphone. Kerentanan tersebut dilaporkan dapat disalahgunakan untuk membocorkan data pengguna.

Bahkan, celah ini sudah ada sejak tiga bulan terus, dalam laman resminya Echo Duan, Analis Perusahaan Keamanan Siber Trend Micro mengatakan, bug ini dapat dieksploitasi untuk menjalankan kode berbahaya. Menurutnya, ancaman ini disebabkan karena kurangnya batasan yang tepat mengenai siapa saja yang dapat memanfaatkan kode aplikasi.

Duan mengatakan, aplikasi yang dibagikan lewat Shareit maupun hacker yang menyerang melalui celah jaringan saat melakukan transfer data, apat juga mengirim perintah berbahaya ke aplikasi Shareit.

Baca Juga:Shareit Tambahkan Metadata Keamanan Terintegrasi Google Play

Tindakan ini apat juga berdampak pada pembajakan fitur sahnya untuk menjalankan kode khusus, menimpa file lokal aplikasi, hingga menginstal aplikasi lain tanpa sepengetahuan pengguna.

Celah ini diketahui mau berdampak pada pengguna smartphone Android. Sementara untuk pengguna iOS, kerentanan Shareit tidak berpengaruh karena aplikasi berjalan pada basis kode yang berbeda. Dan Google telah diberi tahu tentang kerentanan ini.

Seperti diketahui Shareit mempunyai lebih dari 1 miliar unduhan di Google Play dan dinobatkan sebagai salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2019.

BACA JUGA:  Mudahkan Belajar Online Kelas Pintar Kini Dapat Diakses Via Android TV

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *