Israel beli jet F-35, pesawat pengisian bahan bakar KC-46, amunisi dari Amerika

  • Whatsapp
497766649p

ILUSTRASI. Komite kementerian Israel menyetujui pembelian jet baru, pesawat terbang dan amunisi dari perusahaan AS. REUTERS/Ammar Awad

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JERUSALEM/WASHINGTON. Komite kementerian Israel menyetujui pembelian jet baru, pesawat terbang dan amunisi dari perusahaan AS, kata seorang pejabat Israel pada Selasa (16/2/2021). Kesepakatan itu disebut-sebut bernilai miliaran dolar.

“Sebuah komite pengadaan kementerian telah menyetujui pembelian satu skuadron F-35 baru, empat pesawat pengisian bahan bakar baru, dan sejumlah besar amunisi,” kata pejabat itu tanpa menyebut nama kepada Reuters.

Ini bakal menjadi penjualan alat-alat militer asing pertama ke Israel yang diumumkan di bawah pemerintahan baru Presiden Joe Biden. Karena penjualan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk diproses, asal mula kesepakatan kemungkinan berasal dari Pemerintahan Trump.

Israel telah mempertimbangkan pembelian pesawat pengisian bahan bakar KC-46 yang dibuat oleh Boeing Co selama beberapa waktu juga telah mengincar skuadron tambahan 24 atau 25 F-35, yang dibuat oleh Lockheed Martin.

Melansir Reuters, Pemerintahan Biden untuk sementara menghentikan beberapa penjualan senjata yang tertunda ke sekutu AS seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab untuk melakukan peninjauan kembali.

Meskipun Israel telah menyetujui pembelian tersebut, Kongres AS memerlukan pemberitahuan penjualan senjata utama sebelum kontrak dapat ditandatangani.

 

 




BACA JUGA:  Kapal perusak Amerika di Selat Taiwan, China siap tanggapi segala ancaman

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *