LPEM FEB UI berharap BI pangkas suku bunga acuan 25 bps

  • Whatsapp
6491095p

ILUSTRASI. LPEM FEB UI berharap BI pangkas suku bunga acuan 25 bps

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) berharap Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) ke level 3,50% dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI Februari 2021.

“Penurunan ini untuk mendukung senarai pemulihan ekonomi dengan tetap menjaga stabilitas sektor keuangan,” jelas Ekonom makroekonomi dan pasar keuangan LPEM FEB UI Teuku Riefky dalam laporan yang diterima Kontan.co.id, Rabu (17/2).

Riefky mengatakan, saat ini merupakan momentum yang tepat bagi BI untuk kembali menurunkan suku bunga, untuk mempercepat pemulihan ekonomi di semester pertama tahun ini.

Meskipun, dampak dan efektivitas kebijakan tersebut memang kurang optimal, selama pandemi Covid-19 ini belum habis.

Baca Juga: Ekonom Bank Mandiri prediksi BI bakal memangkas suku bunga acuan sebesar 25 bps

Tahun 2020 merupakan tahun terberat dalam perekonomian Indonesia. dampak pandemi benar-benar membikin tekor ekonomi karena PDB mencatat pertumbuhan negatif pertama kalinya selama lebih dari dua dekade.

Memasuki tahun 2021, Indonesia sudah terlihat berada di jalur pemulihan yang benar meski ketidakpastian masih terus membayang. Tingkat inflasi masih rendah, menandakan permintaan agregat yang masih lemah.

“Kondisi ini memberikan ruang bagi BI untuk menurunkan suku bunga guna mendorong permintaan dan menstabilkan harga biar tidak terus turun,” kata Riefky.

BACA JUGA:  Sah, BPOM izinkan vaksin corona Sinovac bagi lansia di atas 60 tahun, ini syaratnya

Di sisi lain, secara mengejutkan, kondisi eksternal memperlihatkan secercah harapan dengan berlanjutnya aliran masuk portofolio, berlanjutnya surplus perdagangan bulanan, dan cadangan devisa yang tambun sehingga memperkuat stabilitas nilai tukar rupiah.

“Kami yakin opsi untuk menurunkan suku bunga lebih lanjut lebih baik daripada menahanan-nya dengan harapan implikasi dari kebijakan ini bisa juga mendorong kegiatan ekonomi lebih cepat dibandingkan menghadapi penundaan dalam pemulihan ekonomi,” tandas Riefky.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *