Korvet berpeluru kendali Type 056, jagoan China untuk pertahanan pesisir

  • Whatsapp
2030448176p

Sumber: Global Times | Editor: S.S. Kurniawan

RUMAHPUTIH.COM – BEIJING. Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) kian bergigi. Baru-baru ini, mereka kedatangan dua kapal korvet Type 056A yang memiliki spesialisasi dalam pertahanan pesisir. 

Read More

Alhasil, total kapal korvet Type 056 milik Angkatan Laut PLA menjadi 72 unit. Dua kapal perang itu merupakan pengiriman gelombang terakhir dari pemesanan Angkatan Laut PLA.

Kapal korvet itu bernama Nanyang dan Shangqiu yang masing-masing mulai beroperasi pada akhir Januari dan awal Februari terus, China Central Television (CCTV) melaporkan pada Selasa (16/2).

“Kapal-kapal itu dinamai kota-kota di Provinsi Henan, China Tengah,” sebut CCTV dalam laporannya, seperti dilansir Global Times.

Baca Juga: Type 075, kapal serbu amfibi China yang apat juga menjadi pangkalan maritim portabel

Dua varian Type 056

Dikembangkan dan diproduksi di dalam negeri, kapal korvet berpeluru kendali Type 056 mempunyai dua varian: Type 056 dan Type 056A, dengan enam konfigurasi yang sedikit berbeda, Henan Daily menyebutkan, seperti dikutip Global Times.

Sejak peluncuran perdana Type 056 pada 2012, China telah membangun 22 kapal korvet kelas ini untuk pertahanan pesisir dan operasi patroli harian. Kemudian, membangun 50 kapal korvet Type 056A.

Menurut Henan Daily, kapal korvet Type 056A memperoleh peningkatan dalam hal peperangan anti-kapal selam, penyapuan ranjau, dan kinerja parameter lainnya.

PLA terakhir memperoleh korvet Type 056A pada Desember 2019 terus. Nama kapal perang itu: Aba dan Qiang. Masing-masing ialah nama Prefektur Aba di Otonomi Tibet dan Qiang di Provinsi Sichuan.

BACA JUGA:  Jokowi minta penegakan hukum pada pembakar hutan dilakukan tanpa kompromi

Baca Juga: GJ-11, drone tempur siluman China yang siap menyelinap dan hancurkan musuh




Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *