Ekonom: Pulihnya ekonomi bergantung pada penanggulangan pandemi

  • Whatsapp
1638772063p

ILUSTRASI. Kawasan perkantoran di Jakarta, Selasa (19/1). ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/19/01/2021.

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Tendi Mahadi

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Selain insentif bagi industri otomotif, Pemerintah juga berencana merancang insentif pada sektor industri lainnya. Salah satu sektor yang disebut bakal memperoleh insentif ialah properti.

Ekonom dan Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah menuturkan beraneka stimulus yang dikucurkan Pemerintah dinilai bakal sangat membantu perekonomian yang terdampak pandemi Covid-19.

Akan tetapi, Piter menggarisbawahi bahwa pulihnya perekonomian juga tergantung pada bagaimana penanganan dari pandemi itu sendiri. “Kalau pandeminya tidak tertanggulangi, masyarakat dan dunia usaha masih tidak bisa juga beraktivitas normal, masih ada PPKM, meskipun dikeluarkan beraneka paket kebijakan stimulus, ekonomi tidak bakal bisa juga pulih,” jelas Piter kepada Kontan.co.id pada Rabu (17/8).

Baca Juga: Direktur CORE imbau BI tahan suku bunga acuan di level 3,75%

Maka Piter menambahkan bahwa, dengan berjalannya program vaksinasi saat ini disebut menjadi satu game changer.

Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan Covid-19 & Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Raden Pardede menuturkan, terkait beraneka macam insentif yang direncakan bakal dikucurkan pada tahun 2021 untuk sektor industri masih dalam pembahasan.

“Masih digodok. Masih harus diskusi dengan beraneka pihak,” kata Raden.

Dari berita KONTAN sebelumnya, selain sektor otomotif yang memperoleh relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) hingga 100% bagi beberapa jenis mobil. Salah satu sektor yang disebut bakal memperoleh insentif ialah properti. 

BACA JUGA:  BPOM setujui vaksin Sinovac untuk lansia di atas usia 60, begini hasil uji klinisnya

Selain itu, sektor horeka (hotel, restoran, katering atau kafe) juga tengah menjadi perhatian Pemerintah. Serta Pemerintah juga tengah menyiapkan aturan-aturan baru untuk mendorong pengembangan industri perhiasan yang merupakan salah satu ujung sektor tambang di Indonesia.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *