Siap-siap, ini 10 wilayah yang siap terapkan tilang elektronik pada 17 Maret

  • Whatsapp
1868403314p

ILUSTRASI. Petugas memantau arus terus lintas kendaraan yang terekam oleh kamera pengawas untuk tilang elektronik

Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengungkapkan, sudah ada 10 Polda yang siap untuk menerapkan perluasan pemberlakuan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) pada 17 Maret 2021. 

Peluncuran serta pemanfaatan layanan ini merupakan tahap pertama dari salah satu program 100 hari kerja Kapolri baru, Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo. 

“Pembangunan ETLE tahap satu direncanakan terselenggara pada bulan depan di 10 Polda. Ini sudah dikonfirmasi semua, sudah oke semua,” kata dia dalam Rapim Polri, Rabu (17/2). 

Ke-10 polda yang dimaksud itu ialah Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur, Polda DIY, Polda Riau, Polda Jambi, Polda Sumatera Barat, Polda Lampung, dan Polda Sulawesi Selatan. 

Khusus Polda Sulsel, Istiono menyebut mereka baru mendaftar kemarin. Selain itu, ia masih membuka kesempatan bagi Polda lainnya jika ingin berpartisipasi dalam peluncuran ETLE tahap satu sebelum masuk tahap peluncuran. 

Baca Juga: Mulai Maret 2021, tilang elektronik bakal berlaku nasional

“Bagi polda-polda yang ikut di-launching program utama silakan, masih saya buka untuk selain 10 polda ini,” papar Istiono. 

Selanjutnya, Istiono menyebut sudah ada 12 Polda yang mendaftar pada tahap dua. Yaitu, Polda Sumatra Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Banten. “
Launching tahap 2 nanti kami rencanakan tanggal 28 April 2021. Itu yang sudah daftar 12 polda,” tandasnya. 

BACA JUGA:  Warga yang sudah divaksin Covid-19 masih mungkin tertular, ini penjelasan Kemenkes

Diharapkan, perubahan atau terbosan ini mampu meningkatkan keyakinan masyarakat terhadap instansi Kepolisian, khususnya pada tindakan tilang dan keamanan terus lintas. (Ruly Kurniawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “10 Polda Terapkan Perluasan Tilang Elektronik, Ini Wilayah dan Jadwal”.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda mau menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *