Terjadi lagi, tambang emas di China terbakar, enam warga tewas

  • Whatsapp
745829702p

ILUSTRASI. Pertambangan emas

Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

Read More

RUMAHPUTIH.COM – BEIJING. Enam warga tewas dalam kebakaran di sebuah tambang emas di provinsi Shandong, yang berada di China bagian timur. 

Rabu (17/2) pemerintah setempat pun mengumumkan kampanye baru untuk menutup fasilitas tambang yang tidak aman setelah kecelakaan baru-baru ini.

Asal tahu saja, kebakaran tersebut terjadi pada Selasa (16/2) pukul 06.00 waktu setempat. Kantor berita resmi Xinhua melaporkan, otoritas setempat menyebut kebakaran itu terjadi saat pemeliharaan di tambang emas Caojiawa yang berada di kota Zhaoyuan, 

10 penambang terjebak dalam kebakaran tersebut, di mana empat warga berhasil diselamatkan dan dikirim ke rumah sakit untuk perawatan medis.

Kebakaran itu ialah insiden besar kedua di tambang emas Shandong dalam waktu kurang dari sebulan.

Baca Juga: Tantang militer China di Laut China Selatan, ini yang dilakukan kapal perusak AS

Pada bulan Januari terus, 11 pekerja yang terperangkap oleh ledakan di tambang Hushan. Proses evakuasi untuk mengeluarkan korban menghabiskan waktu hingga dua minggu di bawah tanah.

Setidaknya 10 penambang tewas, mendorong pihak berwenang untuk meluncurkan lebih banyak inspeksi keselamatan di sejumlah pertambangan.

Biro darurat provinsi Shandong mengatakan, mau memulai program inspeksi “komprehensif dan menyeluruh” yang berlangsung hingga akhir Maret untuk mengatasi risiko keselamatan di semua tambang non-batubaranya. Mereka yang gagal dalam pemeriksaan mau ditutup.

Tambang China termasuk yang paling mematikan di dunia. Berdasarkan data Administrasi Keselamatan Tambang Nasional, China mencatat 573 kematian terkait ranjau pada tahun 2020.

BACA JUGA:  Ketua partai oposisi Taiwan tidak terburu-buru bertemu Xi Jinping

 

 




Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *