Jokowi mau resmikan Bendungan Tapin di Kalimatan Selatan

  • Whatsapp
1030586226p

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Anna Suci Perwitasari

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Presiden Joko Widodo bakal meresmikan Bendungan Tapin yang berada di Kalimantan Selatan.

Kamis (18/2), Jokowi pun bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada pukul 7.30 WIB. Setibanya di Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Jokowi langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Tapin dengan helikopter Super Puma TNI AU.

Kepala Negara Republik Indonesia itu direncanakan mau melakukan peninjauan relokasi rumah warga yang terdampak pembangunan bendungan tersebut. Selepas rangkaian acara, Jokowi mau langsung kembali menuju Jakarta.

Turut serta dalam keberangkatan Presiden menuju Provinsi Kalimantan Selatan di antaranya ialah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Baca Juga: Presiden Jokowi apresiasi implementasi e-court dan e-litigation

Sebagai informasi, Bendungan Tapin dibangun dengan tipe timbunan batu zonal inti tegak dan mempunyai kapasitas tampung 70,52 m³. Progres pembangunannya hingga 31 Januari 2020 mencapai 95%.

Dengan selesainya pembangunan bendungan ini,  mau berpotensi memberikan layanan irigasi di Kabupaten Tapin hingga 5.472 hektare (ha).

“Pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu terus.

Lebih lanjut, dia bilang pengelolaan sumber daya air dan irigasi mau terus dilakukan dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan. Kehadiran bendungan juga mempunyai potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang mau menumbuhkan ekonomi lokal. 

BACA JUGA:  Hari ini, vaksinasi Covid-19 untuk nakes lansia dimulai

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda mau menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *