AS: Anggaran pertahanan sangat penting untuk pastikan NATO memiliki pasukan hadapi Rusia

  • Whatsapp
895902532p

ILUSTRASI. Bendera NATO dan AS berkibar di pintu masuk markas Aliansi selama pertemuan menteri luar negeri NATO di Brussels, Belgia, 31 Maret 2017. REUTERS/Yves Herman

Sumber: TASS | Editor: S.S. Kurniawan

Read More

RUMAHPUTIH.COM – WASHINGTON. Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd J. Austin dalam konferensi video dengan menteri pertahanan negara anggota NATO pada Rabu (17 Februari) menyatakan, Aliansi perlu mempertahankan anggaran pertahanan guna mengatasi tantangan dari Rusia.

“Menteri Austin mengutip bermacam ancaman dan tantangan yang dihadapi NATO termasuk perilaku destabilisasi oleh Rusia, kebangkitan China, terorisme, dan tantangan global seperti Covid-19 dan perubahan iklim,” kata Pentagon dalam pernyataan seperti dikutip TASS.

“Menteri Austin mencatat, pengeluaran pertahanan sangat penting untuk memastikan kita mempunyai pasukan dan kemampuan yang siap dibutuhkan untuk mengatasi Rusia dan tantangan lain terhadap NATO,” ujar Pentagon.

Selain itu, Menteri Pertahanan AS menegaskan kembali pesan Presiden Joe Biden, bahwa Amerika Serikat bermaksud untuk merevitalisasi hubungan dengan NATO.

Baca Juga: Dekati perbatasan, jet tempur Rusia cegat sekelompok pesawat militer Prancis

Para menteri pertahanan negara anggota NATO menggelar pertemuan secara daring pada Rabu dan Kamis secara tertutup. Ada tiga masalah utama dalam buku catatan pertemuan itu.

Pertama, membahas perjanjian AS dengan gerakan Taliban tentang penarikan semua pasukan asing dari Afghanistan pada 1 Mei nanti.

Kedua, diskusi tentang prakarsa NATO 2030 dan pengembangan konsep strategis baru aliansi di mana Rusia dan China mau dinyatakan sebagai musuh utama NATO.

BACA JUGA:  Gerakan aliansi teh susu Asia melawan Tiran

Ketiga, membicarakan peningkatan lebih lanjut dalam pengeluaran militer negara-negara anggota NATO dan perluasan pembelian persenjataan baru yang AS minta dari sekutunya, meskipun terjadi guncangan ekonomi konsekuensi pandemi virus corona.

 




Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *