Pemerintah pangkas DAU dan DAK untuk penanganan corona, ini kata ekonom LPEI FEB UI

  • Whatsapp
1630206999p

ILUSTRASI. Pemerintah pangkas DAU dan DAK untuk penanganan corona, ini kata ekonom LPEI FEB UI

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta pemerintah daerah (pemda) menyediakan dukungan pendanaan untuk belanja kesehatan penanganan Covid-19 dan belanja prioritas lainnya.

Dukungan pendanaan tersebut dapat bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) atau Dana Bagi Hasil (DBH).

“Paling sedikit 8% dari alokasi DAU. Dalam hal Pemda tidak mendapat alokasi DAU, dukungan pendanaan dapat bersumber dari DBH paling sedikit 8% dari alokasi,”  tulis pemerintah dalam Pasal 7 ayat (1) Peraturan Menteri Keuangan (PMK) no. 17/PMK/07/2021, yang dikutip Kamis (18/2).

Akan tetapi, pemda dapat menyesuaikan dukungan pendanaan dan besarannya, sesuai dengan kebutuhan daerah dengan memperhatikan tingkat kasus Covid-19 yang ditetapkan oleh BNPB paling cepat 3 bulan setelah pemda menyediakan dukungan pendanaan tersebut.

Baca Juga: Soal rencana vaksin gotong royong, begini penjelasan Komite Penanganan Covid-19 PEN

Ekonom makroekonomi dan pasar keuangan LPEM FEB UI Teuku Riefky mengapresiasi langkah tersebut. Menurutnya ini merupakan salah satu upaya tepat dalam mempercepat pemulihan sektor kesehatan, yang menjadi kunci bagi pemulihan ekonomi.

“Kalau pengalihan dana efektif, ini merupakan langkah yang baik karena kesehatan harus pulih dulu, baru bicara soal pemulihan ekonomi,” kata Riefky kepada Kontan.co.id, Kamis (18/2).

Akan tetapi, realokasi maupun refokusing saja tidak cukup untuk menyelesaikan pandemi ini. Yang paling penting ialah, proses implementasi dan kecepatan implementasinya.

BACA JUGA:  American Airlines pertimbangkan cari utang baru

Karena jangan sampai, kebijakan yang sudah ditempuh ini bakal terjegal oleh implementasi yang lambat sehingga bakal sia-sia dan malah dapat berpotensi mengurangi perekonomian daerah.

“Jadi pemerintah pusat harus benar-benar menjamin dan mengawasi semoga ini berjalan efisien dan tidak memengaruhi perekonomian daerah,” tambah Riefky.

Baca Juga: Bio Farma pinjam uang ke perbankan untuk Pengadaan vaksin, ini kata Kemenkeu

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *