Didorong stimulus ekonomi, angka pengangguran di Australia turun

  • Whatsapp
1401392044p

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

RUMAHPUTIH.COM – CANBERRA. Jumlah pengangguran di Australia menurun pada Januari karena kebijakan stimulus bank sentral di putaran kedua. Hal ini juga didukung anggaran yang keluarkan pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi sehingga mendorong perekrutan karyawan baru. 

Read More

Berdasarkan data biro statistik, tingkat pengangguran di Australia turun menjadi 6,4% dari 6,6% pada Desember, dibandingkan perkiraan ekonom 6,5%. Sementara jumlah tenaga kerja naik 29.100 pada Januari 2021. 

Kenaikan itu didorong oleh pemulihan ekonomi di negara bagian Victoria setelah karantina wilayah tahap kedua. Dari sisi partisipasi mencapai 66,1%, sedikit di bawah perkiraan 66,2%. 

Baca Juga: AS: Untuk pastikan NATO memiliki pasukan hadapi Rusia, anggaran militer sangat penting

“Australia telah memperoleh kembali semua pekerjaan yang hampir hilang pada April atau Mei 2020 di tengah dampak resesi dan karantina nasional. Sementara tingkat pengangguran tetap lebih tinggi, tapi menuju ke arah yang tepat,” kata Kepala Ekonomi Australia dan Strategi Penepatan Tetap di Royal Bank of Canada Sun Lin Ong, dilansir dari Bloomberg, Rabu (18/2). 

Australia sedang mengalami masa pemulihan berbentuk V karena mampu menahan dampak Covid-19 seiring optimistis sehingga mendukung konsumsi rumah tangga. Kondisi ini mendorong perusahaan membuka lowongan kerja baru. 

Awal bulan ini Bank Sentral Australia mengumumkan mau memperpanjang program pelonggaran kuantitatif sebesar A$ 100 miliar atau setara US$ 77,6 miliar. Mereka tidak berniat untuk menaikkan suku bunga sampai 2024 sehingga berpotensi merusak pasar ekspor dan lapangan kerja. 

BACA JUGA:  Ketua partai oposisi Taiwan tidak terburu-buru bertemu Xi Jinping

Di sisi lain, jam kerja bulanan juga menurun 4,9%. Dengan kondisi ini, kata Kepala Statistik Tenaga Kerja di ABS Bjorn Jarvis, lebih banyak warga Australia mengambil cuti dalam dua minggu pertama pada Januari 2021. 

Baca Juga: AS: Anggaran pertahanan sangat penting untuk pastikan NATO memiliki pasukan hadapi Rusia

Sementara jenis pekerjaan paruh waktu melonjak 59.000 dan paruh waktu turun 29.800.  Selain itu, jumlah pengangguran turun di semua negara bagian kecuali Australia Selatan. Victoria mencatat lonjakan 1,3% dalam pekerjaan bulanan

“Setengah pengangguran terus menurun, tetapi tingkat kelonggaran yang signifikan tetap ada di pasar tenaga kerja. Pembatasan wilayah telah membatasi pasokan tenaga kerja ke luar negeri, dapat mempercepat laju di mana kelonggaran pasar tenaga kerja diserap kembali selama tahun 2021,” kata ekonom Bloomberg, James McIntyre. 




Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *