BI pangkas suku bunga acuan, ini kata ekonom Indef

  • Whatsapp
1361711733p

ILUSTRASI. Logo Bank Indonesia. . REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana

Reporter: Bidara Pink | Editor: Tendi Mahadi

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) ke level 3,50% dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Februari 2021. 

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira mengatakan, dampak stimulus moneter BI ini bakal mampu meningkatkan pertumbuhan kredit di kisaran 3% hingga 4% hingga akhir tahun 2021. 

“Tetapi, harapannya langsung disambut oleh perbankan dengan percepatan transmisi penurunan bunga kredit. Ini merupakan momentum yang penting dalam proses pemulihan ekonomi,” kata Bhima kepada Kontan.co.id, Kamis (18/2). 

Baca Juga: Pemangkasan suku bunga dinilai jadi angin segar bagi pasar saham Indonesia

Beberapa sektor usaha juga nampak sudah mulai bangkit, seperti contohnya sektor perkebunan sawit dan pertambangan. Sektor yang mulai menggeliat ini butuh kucuran pinjaman yang murah. Kalau perbankan sudah merespons, maka ini akhirnya dapat menggerakkan perekonomian. 

Dengan penurunan suku bunga lanjutan ini, Bhima optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat positif di tahun 2021, meski tidak sebesar target BI yang sebesar 4,3% hingga 5,3%. Bhima memprediksi, ekonomi Indonesia dapat tumbuh 2% di tahun 2021. 

Tetapi, ini tidak hanya mengandalkan uluran tangan dari otoritas moneter saja, tetapi juga bergantung dari penanganan pandemi, stimulus fiskal, juga khususnya pelaksanaan vaksinasi yang sesuai target. 

Baca Juga: BI turunkan bunga acuan 25 bps, begini kata bankir dan ekonom

BACA JUGA:  Neraca perdagangan Januari 2021 surplus US$ 1,96 miliar

Akan tetapi Bhima berpesan, di tahun ini masih ada tantangan yang bakal dihadapi Indonesia, yaitu tingkat inflasi pangan dari sisi supply, dan kekhawatiran pembalikan modal atau capital reversal dampak taper tantrum. 

Dan ke depan, Bhima melihat sudah hampir tidak ada ruang bagi penurunan suku bunga acuan lagi. Kalaupun ada, hanya tersisa 25 bps lagi hingga akhir tahun 2021. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *