Konfirmasi pertama, 4 tentara China tewas dalam bentrokan dengan pasukan India

  • Whatsapp

ILUSTRASI. Sebuah foto yang memperlihatkan pasukan PLA setelah konon menjatuhkan beberapa tentara India dalam pertempuran jarak dekat di daerah perbatasan Danau Pangong dengan India, diedarkan di antara situs militer China.

Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

Read More

RUMAHPUTIH.COM –¬†BEIJING. China pada Jumat, 19 Februari, mengungkapkan, empat tentaranya tewas dalam perkelahian dengan pasukan India tahun terus, konfirmasi pertama atas bentrokan perbatasan yang juga menewaskan sedikitnya 20 tentara India.

Kementerian Pertahanan China menyatakan, tentara Tiongkok “mengorbankan diri” selama konfrontasi Juni 2020 di daerah perbatasan Lembah Galwan yang diperebutkan dengan “militer asing” tanpa menyebutkan nama negaranya.

India dan China berperang di perbatasan pada 1962 silam, dan telah lama saling menuduh berusaha melintasi perbatasan mereka yang tidak pernah disepakati dengan benar di wilayah Ladakh, India, tepat di seberang Tibet.

Pada pertengahan Juni tahun terus, 20 tentara India tewas dalam pertempuran brutal di perbatasan ketinggian di lembah Galwan dalam salah satu bentrokan paling mematikan antara kedua belah pihak dalam beberapa dekade terakhir.

Baca Juga: Sepakat, China dan India tarik pasukan dari perbatasan Himalaya yang disengketakan

Beijing pada saat itu mengakui, bentrokan tersebut telah memakan korban tetapi tidak mengonfirmasikan, apakah ada tentara China yang tewas.

“Komandan Batalyon Chen Hongjun dan tiga tentara lainnya memperoleh penghargaan anumerta,” kata Kementerian Pertahanan China, seperti dikutip Channel News Asia.

Klaim China usir pasukan musuh

China menyalahkan pertempuran di Juni tahun terus konsekuensi “pasukan asing secara terang-terangan melanggar konsensus yang dicapai dengan kami dan melintasi garis untuk mendirikan tenda”.

BACA JUGA:  Warga yang terjangkit virus corona tetap harus dapat vaksin, ini penjelasan WHO

Baca Juga: Memanas lagi tentara India dan China bentrok di perbatasan, beberapa terluka




Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *